Kamis, 15 Maret 2018

Memasak Nasi Tumpeng pada Hari Kartini

Indonesia terdiri dari banyak sekali pulau, lebih dari 17.000 pulau yang sambung menyambung menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Indonesia bahkan menjadi negara urutan ke empat di dunia dalam hal jumlah penduduk. Lebih dari 25.000 juta jiwa hidup di Indonesia. tersebut menjadikan Indonesia menjadi negara yang kaya. Kaya dalam hal kultur, dan potensi tempat setempat. Sumber kekuatan alam yang melimpah dan bahasa tempat yang sangat banyak variasinya mewujudkan Indonesia sebagai negara yang kaya. Selain itu, rakyat Indonesia bahkan benar-benar menghargai jasa para pahlawan. Salah satunya ketika perayaan Hari Kartini yakni dengan nasi tumpeng Hari Kartini.


R.A. Kartini yaitu sosok pahlawan perempuan Indonesia yang dengan gagah berani berupaya menolong bangsa Indonesia dari kesengsaraan. R.A. Kartini lahir di Jepara pada tanggal 21 April 1879. Salah satu jasa beliau dalam bidang pendidikan yang sangat berarti karena dapat mencerdaskan kehidupan bangsa dan tak mudah tertipu dengan rayuan penjajah. Beliau juga yang membuat geliat perubahan pola pikir perempuan seputar pendidikan. Oleh karena itu setiap tahun, tepatnya pada tanggal 21 April menjadi Hari Kartini. Nasi tumpeng Hari Kartini malah menjadi bagian yang tidak terlupakan dalam sajian makanannya. Perayaan Hari Kartini menjadi semakin total karena banyak lauk pauk yang mengelilingi nasi tumpeng sehingga menambah kesan menarik saat memandangnya.

Nasi tumpeng menjadi bukti bahwa makanan pokok masyarakat Indonesia biasanya ialah nasi. Kecuali itu menampilkan pula bahwa Indonesia merupakan negara agraris dengan berjuta-juta hektar sawah yang Nasi Tumpeng Untuk Hari Kartini tersebar di banyak pulau. Lauk pauk yang mendampingi nasi tumpeng pun menggambarkan alangkah kayanya sumber alam Indonesia. Kuliner tradisional ini pun pantas diberi tahu dalam momen-peristiwa spesial seperti Hari Kartini. Nasi tumpeng Hari Kartini masih menjadi pilihan yang tepat, sekaligus bisa melestarikan kuliner tradisional yang masih berupaya bertahan di tengah gempuran makanan modern dari luar negeri. Hari Kartini menjadi semakin spesial karena dapat dirasakan secara bersama-sama. tersebut juga bisa menjadi sistem dalam melestarikan warisan leluhur dan mengenang jasa pahlawan.

Sumber:
https://jakartanasitumpeng.com/nasi-tumpeng-untuk-hari-kartini-spesial-dengan-menunya.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar