Kamis, 15 Maret 2018

Lomba Masak Nasi Tumpeng Hari Kartini

Hari Kartini diperingati tanggal 21 April tiap tahunnya. Kartini adalah salah seorang sosok pahlawan Indonesia yang sangat dicintai dan dikenang oleh warga Indonesia. Umpamanya tersebut membuat sosok beliau selalu diingat malah diperingati. R.A Kartini merupakan pahlawan nasional perempuan yang mendedikasikan hidupnya dalam bidang pendidikan. Begitu banyak jasa yang sudah beliau berikan sehingga banyak masyarakat yang merayakan Hari Kartini sebagai peristiwa untuk mengenang beliau. Banyak metode yang dilakukan untuk mengekspresikan rasa cinta kepada Kartini mulai dari pertandingan paduan bunyi, memasak, dan sebagainya. Nasi tumpeng Hari Kartini menjadi salah satu lomba dan masakan tradisional khas Indonesia yang banyak diminati warga dikala merayakan Hari Kartini.


Nasi tumpeng ialah salah satu masakan khas Indonesia yang menggambarkan betapa kaya hasil bumi dan adat istiadat Indonesia. Nasi tumpeng awam dibuat untuk memperingati hari-hari penting seperti perayaan ulang tahun, syukuran, pernikahan, khitanan, dan hari berkesan lainnya. Oleh karena itu untuk mengenang jasa pahlawan perempuan Indonesia, nasi tumpeng Hari Kartini bisa menjadi opsi yang pas. Nasi tumpeng biasanya berukuran besar dan layak untuk dimakan beramai-ramai. Contohnya hal yang demikian juga menjadi suatu makna bahwa rakyat Indonesia mempunyai rasa gotong-royong yang tinggi. Dalam pengerjaan pembuatannya pun biasanya Nasi Tumpeng Hari Kartini melibatkan banyak orang, selain agar dapat kencang selesai juga bisa mempererat tali silaturahmi antar warga sekitar.

Perayaan Hari Kartini lazimnya diisi dengan acara menarik yang lain pula. Sesudah di sekolah, murid-murid, para guru, malah orang tua yang memandu mengenakan busana tradisional seperti kebaya. Kemudian mengerjakan pawai mengitari kampung supaya masyarakat biasa malahan mengenal bahwa hari itu yakni Hari Kartini. Lain halnya dengan perkumpulan ibu-ibu yang secara khusus dulu memotong puncak dari nasi tumpeng Hari Kartini yang menjadi pertanda bahwa acara resmi dibuka. itu dapat dilanjutkan dengan acara lain seperti perlombaan bernyanyi, paduan suara, memasak, kreasi baju adat, dan lain sebagainya. Banyak sistem yang bisa dilakukan untuk mengenang jasa pahlawan, sebab tanpa jasa pahlawan tidak akan ada Indonesia yang sekarang.

Sumber :
https://royalsnackbox.com/tips-sajian-nasi-tumpeng-hari-kartini-spesial.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar