Kamis, 15 Maret 2018

Membuat Kreasi Nasi Tumpeng Untuk Lomba

Indonesia merupakan negara dengan segala keunikan yang ada. Salah satu keunikannya merupakan dalam hal tradisi dan masakan. Istiadat merupakan hasil dari kebiasaan yang dilaksanakan. Biasanya kebiasaan dari satu daerah akan berbeda dengan daerah lainnya. Misalnya kebiasaan dalam merayakan hari-hari spesial seperti ulang tahun, syukuran, pernikahan dan khitanan antar daerah pasti memiliki keunikan dan kebiasaannya masing-masing dalam merayakan hari hal yang demikian. Dalam hal masakan malahan Indonesia mempunyai keunikan dan keanekaragaman yang banyak. Mulai dari makanan ringan, berat, cemilan dan sebagainya. Seperti nasi tumpeng untuk lomba yang saat ini masih eksis di tengah masyarakat. Masyarakat malahan kian kreatif untuk membikin kreasi nasi tumpeng untuk laga.


Nasi tumpeng sebetulnya mulai berkembang di masyarakat Jawa, Bali dan Madura. Pada zaman dulu masyarakat masih mengagungkan gunung sehingga makanan ini mempunyai bentuk kerucut seperti gunung. Contohnya hal yang demikian Kreasi Nasi Tumpeng Untuk Lomba malahan disokong dengan keadaan geografis Indonesia yang mempunyai banyak gunung berapi. Perlombaan tradisional ini bisa diwujudkan dari nasi kuning ataupun nasi uduk. Kreasi nasi tumpeng untuk perlombaan malahan semakin banyak karena pada sebagian hari besar nasional banyak instansi yang menyelenggarakan laga hal yang demikian. Lauk pauk yang memandunya pun semakin bervariasi sesuai dengan potensi daerah yang ada. Umpamanya di daerah dataran tinggi akan lebih menunjukkan sayuran sebagai hasil pertanian yang berlimpah untuk dijadikan teman makan nasi tumpeng.

Pertandingan nasi tumpeng dapat dilaksanakan untuk memperingati hari ulang tahun republik Indonesia, hari pahlawan, hari pengajaran dan sebagainya. Semisal dengan laga tersebut bisa semakin mempererat tali silaturahmi antar warga. Pertandingan malah dapat memupuk rasa solidaritas, sportif dan menerima dengan lapang dada hasil yang nantinya akan didapat. Kreasi nasi tumpeng untuk laga dapat dilakukan dengan metode mengkreasikan bahan pembuatannya. Umpamanya nasi goreng yang kemudian diwujudkan kerucut layaknya nasi tumpeng. pula mengubah warna nasi tumpeng menjadi hijau memakai daun pandan atau daun suji sehingga tak berwarna kuning atau putih saja. malahan bisa dikreasikan semisal menjadi kerucut yang berundak-undak. Selamat mencoba.

Sumber:
https://royaltumpeng.com/kreasi-nasi-tumpeng-untuk-lomba-dengan-desain-menarik.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar