Jumat, 04 November 2016

Kalimat Majemuk Setara: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Istilah "Kalimat Majemuk" mengadakan pada jenis kalimat yang terdiri buat dua arketipe atau kian. Hal tersebut berdasarkan dalam pengertian dari kalimat majemuk, yaitu suatu kalimat yang mengandung dua pola kalimat atau kian, atau beserta kata lain komentar yang terbentuk dari kaum klausa bebas. Jenis kata2x ini bermula dari ekspansi atau pengadukan kalimat unik, untuk selanjutnya membentuk satu atau lebih pola kalimat baru di samping figur yang tutup ada sebelumnya.

Kalimat majemuk juga bisa diartikan sebagai kalimat yang terdiri dr dua ataupun lebih komentar tunggal. Pada tiap kalimat majemuk mempunyai kata perangkat yang eksentrik, sehingga spesies kalimat itu dapat diketahui dengan cara melihat tanda penghubung yang digunakan. Faedah utama dari kalimat majemuk adalah bagi menguraikan, menjelaskan, menjabarkan, dan memerinci.

Jenis-jenis kalimat majemuk dapat dibagi berdasarkan reaksi terjadinya ataupun proses pembentukannya. Dengan demikian, kalimat majemuk terbagi bagi 4 jenis, yaitu; kata2x majemuk sewatak, kalimat majemuk rapatan, perkataan majemuk bertingkat, dan kalimat majemuk adonan. Namun pada kesempatan kali ini kita bakal membahas menggoleng Kalimat Majemuk Setara.

Kalimat Majemuk Sebabat

Kalimat majemuk setara ialah kalimat yang hubungan antara unsur-unsurnya dan bersifat setaraf atau setara. Kalimat majemuk setara yang ada tidak memiliki anak perkataan. Kalimat majemuk setara dicirikan dengan memilikinya kata penghubung dan, lalu, atau, setelah itu, namun, namun demikian, sedangkan, dan melainkan.

6349032591316696700.jpg

Ada beberapa beberapa jenis kalimat majemuk setara, antaralain adalah kalimat mejemuk sewajar sejalan, kalimat majemuk setara sebab-akibat, dan kalimat mejemuk setara berlawanan. Berikut ini ialah beberapa rupa kalimat majemuk setara:

Jenis-jenis Kalimat Majemuk

a. Kalimat Majemuk Sebabat Sejalan

Kalimat majemuk ini dicirikan pada kedua klausa yang memiliki situasi yang sama. Di bawah ini ialah contoh-contoh kata2x majemuk sewatak sejalan.

b. Kalimat Majemuk Setara Bertentangan

Kalimat majemuk setara paradoksal memiliki 2 atau semakin klauas yang hubungan renggangan keduanya Contoh kalimat majemuk atau lebih mengarungi situasi yang berlawanan.

c. Kalimat Majemuk Setara Sebab-Akibat

Kalimat majemuk setara sebab-akibat memiliki cirri-ciri yaitu antara klausa yang satu beserta yang lain memiliki hubungan kausalitas.

Demikianlah Pengertian kalimat majemuk setara & juga jenis-jenisnya lengkap beserta contoh perkataan majemuk sewatak. Satu taktik yang mesti diingat diartikan sebagai kalimat majemuk setara yang ada memiliki 2 buah / lebih klausa yang meraup hubungan koordinatif atau disebut juga dengan setara, dengan demikian kalau pun dipisah, klausa-klausa itu siap berdiri sendiri. Beserta kata lain, klausa-klausa itu tak akan kehilangan makna. Semoga tulisan ini berguna bagi Dikau.


referensi:
http://materi4belajar.blogspot.com
https://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar