Selasa, 13 September 2016

Penggunaan DO Meter Di Bermacam Bidang

Dissolve Oxygen (DO) adalah nominal oksigen terlarut di dalam uap. Oksigen terlarut ini gak dapat bereaksi dengan tirta. Ia siap larut di dalam larutan melalui mode fotosintesis. Tumbuhan-tumbuhan air diantaranya alga, menciptakan oksigen yang larut di dalam tirta melalui fotosintesis. Selain ini, gelombang ombak, air terjun, kisaran angin, dan fenomena bumi lain juga mendorong oksigen untuk nikah ke pada air.



Peranti untuk memperkirakan kandungan oksigen di dalam uap bernama DO meter. DO meter tersebut diaplikasikan di dalam banyak kebutuhan baik pada dunia usaha maupun umum. Berikut ialah penggunaan DO meter di dalam berbagai sisi:

Industri Minuman Ringan. Variasi jenis minuman kemasan kendi membutuhkan kontrol DO yang baik. Sesuatu ini berselok-belok dengan derajat serta keawetan minuman mereka. Apalagi rupa minuman trendi yang sekarang populer secara kandungan oksigen tinggi, mengikutkan oksigen bertekanan tinggi ke dalam air kemasan itu agar jumlah oksigen terlarut lebih banyak.

Waduk Ikan. Industri tambak ikan memerlukan dua sistem DO, pertama merupakan sistem monitoring jumlah oksigen terlarut dan yang ke-2 adalah komposisi yang merintangi agar jumlah oksigen terlarut stabil di dalam jumlah unik. DO meter pada tambak ikan rata-rata dilengkapi dengan fasilitas sirine jumlah DO terlalu nista dan terlalu tinggi. Taktik ini setia dengan niat oksigen terlarut di dalam air untuk variasi jenis ikan. Ikan jual oxygen meter mencita-citakan air pada DO dalam atas 3 ppm. Di bawah 3 ppm bisa menyebabkan ikan stress. Serta di bawah 2 ppm, dapat menghabisi beberapa jenis ikan.

Pengolahan Air

Pengukuran kandungan oksigen dalam air juga diperlukan pada sistem pengolahan larutan minum. Olehkarena itu hasil pengolahan air tersebut didistribusikan bagi kebutuhan famili, maka poin air menjadi penting bagi diperhatikan. Pada sistem yang ada dibutuhkan DO meter yang mampu beroperasi pada perputaran air.



Pembibitan Ikan

Di proses pembuahan ikan diperlukan beberapa pelindung atau tangki yang harus dijaga kualitasnya. Biasanya di dalam sistem yang ada, injeksi oksigen dilakukan di dalam air yang sedang disirkulasikan di pendatang tangki dalam proses seleksi. Pengukuran DO dilakukan saat setiap tangki secara tersekat, dan lazimnya digunakan DO meter yang memiliki fasilitas alarm peringatan jika rahim oksigen terlarut terlalu nista.

Kandang Uap Laut

DO meter juga digunakan saat ekosistem-ekosistem buatan yang memakai air laut sebagai habitatnya. Ekosistem ini sedikit terisolir dari uap laut, sehingga jumlah oksigen terlarut di dalam “kandang” tersebut perlu dalam dimonitor.

Pengolahan Air Kotoran

Limbah tirta industri apa pun wajib menguasai proses pengolahan sebelum dibuang kembali di lingkungan lebih kurang. Tidak semuanya proses filtrasi, namun pun pengembalian kandungan oksigen terlarut juga perlu untuk dijalani. Injeksi oksigen ke pada air sampah ini dibutuhkan oleh mikroorganisme baik yang membantu proses pengembalian kegunaan air ityu. Mikroorgansime-mikroorganisme mereka membutuhkan minimal 0, 1-0, 3 mg/liter oksigen terlarut. Biasanya, bengkel pengolahan larutan limbah merintangi jumlah oksigen terlarut tatkala angka 2 mg/liter.

Larutan Boiler

Tiruan terakhir yang menjadi pembahasan kita saat ini adalah aplikasi DO meter untuk memonitor jumlah oksigen di dalam air boiler. Diantaranya yang telah member bahas saat artikel sebelumnya, bahwa oksigen yang terlarut di dalam larutan boiler amat berpotensi bagi menimbulkan korosi. Sehingga banyak DO dalam air boiler harus serendah mungkin. Pengukuran DO di dalam air boiler harus dijalani setiap reses waktu unik, agar nominal nya selamanya termonitor.
referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar