Senin, 12 Oktober 2015

Berkunjung ke Pulau Pramuka dalam Kepulauan Seribu

Singkat cerita, aku sampai di Daratan Pramuka dan kemudian dijemput oleh Uni Novi (pemilik penginapan yang kami sewa). Kami dibawa ke rumahnya. Sangat sesuai, dengan harga Rp 400. 000/rumah secara terdiri dari 2 kamar + 1 kamar mandi, bisa kami isi secara 10 orang. Lantas kami dibawa Mbak Novi menuju lokasi makan.

Makanan di sini lumayan murah. Harga ikan bandeng masing-masing kilo-nya hanya Rp 30. 000, serta Rp 50. 000 jika telah dipanggang dan siap makan. Hanya dengan Rp 20. 000 aku sudah bisa makan dengan cukup cukup dan enak.

Sehabis makan, kami berangkat untuk menuntaskan tujuan kami kesini, ialah: Snorkling. Sewa logistik snorkling bisa dilakukan disini. Kemudian, kita dijemput dengan kapal nelayan untuk menentang lokasi karang-karang yang indah.



Ada 4 spot yang dikunjungi selama acara snorkling ini. Dimulai dibanding Semak Daun mencecah lokasi tempat memelihara karang (haha.. cura namanya, tapi emang bener, lokasi terkait digunakan untuk mengembangbiakan coral) dan lantas diakhiri di Nusa Krambangan. Di teritori ini merupakan tempat peternakan ikan. Tidak sedikit banget loh rupa ikan-ikan di sini. Terdapat bandeng, bawal, kerapu, kuwe, hingga ikan hiu. Konsep penangkaran ini adalah beserta membangun jaring-jaring di dalam laut. Tempat dengan sangat indah dan inspiring!

Menjelang maghrib, kami balik di paket wisata pulau pramuka yang hanya berjarak 10 menit dari Nusa Krambangan. Sampai pada Pulau Pramuka, langsung saja mencari lokasi makan. Sebab separuh harian di laut dan berendam memproduksi cacing di perut minta jatah. Seafood again... dengan harga Rp 30. 000 bisa dinner secara nasi goreng + ikan bandeng + telur + minum. Kenyang dan lega!

Acara selanjutnya dari muncul masalah, yaitu MANDI. 10 orang2 mandi dengan 1 kamar mandi? Bisa dibayangkan. Siapa dengan duluan yah? Akhirnya dengan permainan undian, gw mendapat peluang yang cukup simpulan. Akhirnya bersama si Markus --nama sedianya, bukan makelar kasus-- kami berkeliling lepas ke pulau, sekalian mengenal pulau lebih dalam.

Akhirnya aku sampai ke tunggal resort yang cukup bagus. Ada si bapak sundal bolong yang sangat simpatik tempat kami bertanya. Ternyata resort tersebut harganya cukup terkabul, Rp 350. 000 / hari guna kapasitas 2 sosok (+ extra bed charge jika kian dari 2 orang). Fasilitas: Kamar tolok ukur 5×4 m, lubang mandi air hangat/dingin, AC, TV. Ngobrol-ngobrol sesaat dapat informasi bahwa pulau ini semakin hari tambah bertambah pengunjungnya terutama yang berasal atas Jakarta. Mungkin terkait karena jaraknya dengan cukup dekat dibanding Jakarta.

Untuk suasana malam, alangkah bertambah asik jika diadakan acara seperti BBQ. Berhubung kami semua lelah setelah wujud subuh dan snorkling selama setengah perian, akhirnya kami tilam. Keesokan harinya, umumnya 7 WIB, kita kembali ke Jakarta.

referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar