Minggu, 22 Februari 2015

Ruby Kian Mahal Dari Berlian..?

Ruby, karang permata yang siap lebih mahal mulai berlian ini tergolong dalam keluarga karang corundum. Corundum seorang diri berasal dari pertuturan indian kuno corund yang bisa diartikan mineral atau manikam. Batu permata umumnya dinilai dengan 4 C, Clear [jelas atau bening], Colour [warna cukup], Carat [ukuran cukup], Crystal [kristal]. Olehkarena itu kelangkaan Ruby dipastikan jika ke empat komponen diatas tentu antara ruby beserta berlian, harga ruby bisa lebih nadir daripada berlian.



Ruby adalah varietas paling berharga dari group batu korundum. Sebagaimana batu permata berma lainnya ia pula disebut carbunculus yang berarti batu bara imut atau bara api. Ruby adalah homo diantara empat berangkal permata utama selain berlian [diamond], safir dan zamrud. Ruby di Indonesia sering juga dikenal sebagai batu mirah delima.

Kualitas terbaik daripada Batu akik merah delima yang kadang kala dijuluki pigeon blood-red ini ditemukan dalam Mogok Valley, Myanmar. Kawasan itu benar2 telah berabad-abad lamanya dikenal orang serupa daerah penghasil ruby dengan kualitas utama. Batu ruby berwarna merah darah yang tapak di daerah ini sangat memukau hingga menjadi incaran para kolektor batu batu mulia. Karenanya, muncul status pigeon blood-red buat menandai kualitas warna merah batu ruby dari Mogok Valley yang sangat digemari banyak orang tersebut. Belakangan Thailand juga dikenal sebagai salah satu penghasil ruby dunia. Ruby Thailand biasanya lumayan kurang menarik beserta warna yang hampir padam dengan semburat warna ungu. Dalam jumlah yuwana ruby juga tapak di kamboja yang berbatasan dengan Thailand. Ruby yang terkaan buram dan bernas rendah juga ditemukan di India & Pakistan. Tanzania dan negara-negara sekitarnya saja menghasilkan ruby pada beberapa tahun buncit.

Jika anda berkesempatan berkunjung ke Daerah khusus ibukota jakarta Gems Center dalam Rawa Bening Jatinegara, Jakarta Timur secara merupakan pusat perniagaan batu aji besar di Asia Tenggara maka ruby yang banyak anda temukan adalah ruby Thailand dan Tanzania. Guna ruby dari Birma atau Myanmar sudah biasa agak jarang. Seandainya pas lagi ada harganya juga sempurna tinggi.

Dibalik kemungelan dan kemilaunya kerikil ini menyimpan misteri dan menurut pandangan orang zaman lalu konon batu tersebut bisa menjadi penawar racun dan penangkal bagi penyakit-penyakit tertentu. Ada juga secara meyakini bila membangun batu ini oleh karena itu wibawa pemakainya akan bertambah. Tapi apapun itu yang pasti secara memakai perhiasan diantaranya ruby rasa percaya diri kita akan berkembang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar