Jumat, 14 Februari 2020

Cara Mudah Budidaya Mentimun yang Sukses


Semakin banyak orang yang menjalankan budidaya mentimun baik sebagai hobi dalam berkebun ataupun untuk memberikan penghasilan tambahan setiap bulannya. Tanaman mentimun sendiri diketahui sebagai tanaman hortikultura yang diketahui mempunyai prospek bisnis yang bagus. Karena kecuali bisa dikonsumsi langsung atau sebagai komplementer salad. Mentimun juga mempunyai kandungan air yang cukup tinggi sehingga juga banyak dipakai di industri farmasi khususnya bidang kosmetik.

Asinan mentimun juga menjadi komoditas ekspor yang berhasil pada beberapa negara lain. Ucap saja pasar asinan mentimun dikala ini bisa menembus pasar Kamboja, Malaysia, Thailand malahan hingga pasar Eropa. Lalu bagaimana cara mudah untuk melakukan budidaya tanaman yang satu ini? Benarkah Kita bisa menjalankannya dengan perlengkapan dan pengetahuan yang simpel sekalipun?

Pasti ada jalan bila Anda memiliki niat dan tekad yang kuat untuk melaksanakan budidaya tanaman ini. Sebab Indonesia memiliki iklim yang tropis dan tanah yang subur, sehingga betul-betul mendorong untuk dikerjakannya pelbagai kegiatan pertanian atau perkebunan yang bisa menjadi mata pencaharian masyarakat Indonesia. Berikut akan Kita ulas secara rinci mengenai apa saja yang semestinya Anda lakukan dalam budidaya tanaman mentimun.

Langkah pertama yang patut Anda lakukan dalam budidaya mentimun merupakan siapkan bahan dan alat. Siapkan lahan, bibit dan pupuk dengan perbandingan jumlah yang setara. Semisal saja untuk luas lahan sekitar 6000 meter persegi diperlukan sekitar 600 gram bibit mentimun dengan jumlah pupuk sangkar sebanyak 6 ton. Selain itu untuk menyeimbangkan kadar dalam tanah diperlukan kapur pertanian sebanyak 1 ton untuk luas lahan yang sama.

Siapkan juga alat pensupport seperti cangkul, ember wadah bibit, gembor, kored dan lain sebagainya untuk mempermudah usaha pembudidayaan mentimun yang Anda lakukan. Kemudian untuk langkah yang kedua adalah dengan mengerjakan penyemaian benih. Umumnya dikerjakan 2 minggu sebelum penanaman benih dilaksanakan. Hal ini mesti dilaksanakan dengan bagus dan benar supaya supaya bibit mentimun dapat tumbuh dengan optimal.

Ada jenjang khusus seperti perendaman benih dengan air hangat yang bisa Anda lakukan sembari menyiapkan lahan. https://nusabudidaya.com/ bisa menanam benih di polybag atau di tray atau gelas plastik. Selanjutnya ialah langkah untuk melakukan penyiraman. Saat bibit telah disemai dan berada di media semai Anda dapat menyiramnya dengan bantuan hand sprayer. Hal ini akan menolong pelaksanaan penyiraman agar tak terjadi penyiraman dengan terlalu banyak air.

Tutup media semai dengan plastik berwarna hitam dalam jangka waktu sekitar 2 hari hingga bibit mentimun menonjol berkecambah. Siapkan lahan sebaik-bagusnya dengan melaksanakan penggemburan dan cek pH tanah. Jangan lupa untuk memberikan pupuk sangkar dan urea. Kemudian buat saluran perairan dan bedengan. Lakukan penanaman dan pemindahan bibit mentimun dari media semai ke lahan pertanian sebaiknya dilakukan di pagi atau sore hari. Sebab hanya di waktu inilah bibit akan seketika terkena cahaya matahari. Sekian ulasan singkat seputar beberapa langkah untuk budidaya mentimun dengan sukses.

Sumber :
https://nusabudidaya.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar