Jumat, 14 Februari 2020

Kiat Wawancara Kerja Sukses


Setelah berhasil mengantongi ijazah, entah itu perguruan tinggi, SMA ataupun Magister, langkah berikutnya yang akan dilaksanakan oleh fresh graduate yaitu mencari pekerjaan. Melangkah ke tahapan selanjutnya, banyak orang yang ketar-ketir saat memikirkan bagaimana tips wawancara kerja untuk dapat lolos interview. Terutama, banyak fresh graduate yang masih sungguh-sungguh idealis dengan menginginkan dan mengejar pekerjaan yang mereka inginkan. Tiap pelamar tentu menginginkan hasil yang memuaskan dalam interview mereka. Itulah mengapa proses tersebut mesti disiapkan dengan betul-betul baik.

Bagi para fresh graduate, mengirim surat lamaran kerja dan menjalani interview merupakan hal baru yang tentunya menantang. Bahkan untuk para pelamar yang sudah pernah bekerja sebelumnya, menjalani interview mesti dijalankan dengan benar-benar bagus agar pihak HRD mau mendapatkan Anda. Kiat wawancara kerja benar-benar dibutuhkan untuk mempersiapkan diri sebelum menjalani interview. Salah satu hal paling utama yang bisa membikin aktivitas interview berjalan dengan lancar adalah dengan mempelajari seluk beluk perusahaan dan job desk yang akan menjadi tanggung jawab Anda nantinya. Saat akan melamar profesi di suatu perusahaan, tentu saja pihak HRD akan menanyakan pengetahuan Anda tentang perusahaan dan bagaimana Anda akan mengerjakan posisi yang Anda inginkan nantinya.

Oleh sebab itu, pastikan untuk mempelajari seluk beluk perusahaan dan posisi yang Anda lamar. Langkah selanjutnya yang sepatutnya dikerjakan ketika interview ialah menjawab pertanyaan dengan kata-kata yang ideal. HRD lazimnya akan menanyakan pertanyaan untuk mendeskripsikan diri Anda. Pertanyaan ini terbilang tricky sebab mereka akan mengukur bagaimana pribadi Anda dari jawaban yang Anda berikan. Jelaskan secara baik dan tonjolkan sisi positif yang akan membuat mereka memutuskan Anda untuk lanjut ke tahap interview selanjutnya. Jelaskan pula berita yang telah Anda tulis di CV Anda agar pihak HRD kian yakin untuk memilih Anda.

Pertanyaan lainnya yang pasti akan ditanyakan oleh HRD merupakan kenapa memilih perusahaan mereka. Untuk menjawab pertanyaan hal yang demikian, jangan segera menjawab gaji yang tinggi atau lingkungan kerja yang lebih baik. Pertanyaan hal yang demikian sebetulnya ditanyakan untuk mengenal semangat hakekatnya yang membuat Anda beratensi dengan perusahaan tersebut. Pihak HRD tentu saja mengharapkan calon pekerjanya untuk bersikap loyal kepada perusahaan. Itulah kenapa akan lebih bagus seandainya Anda menjawab dengan pernyataan yang membangun seperti mau berkontribusi lebih ke perusahaan atau latar pengajaran dan talenta yang layak.

Tips lainnya yang dapat melancarkan interview kerja adalah dengan membatasi penampilan kita sesopan dan serapih mungkin. Penampilan memang bukan tolak ukur utama bagi HRD untuk menerima calon pekerja. Melainkan demikian bukan berarti mereka melalaikan penampilan orang yang akan bekerja di perusahaan mereka. penampilan yang rapi, bersih dan sopan menjadi nilai plus tersendiri bagi para calon pelamar yang akan menjalankan interview. Itulah sebagian kiat wawancara kerja yang dapat Anda praktikan sebelum interview.

Sumber :
https://jagolamaran.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar