Selasa, 05 Maret 2019

Jenis-jenis Pantun Dan Penjelasannya

Kumpulan pantun yang dimiliki Indonesia begitu beragam. Dimana puisi lama merupakan salah satu jenis kidung lama yang mempunyai ciri khas tersendiri yaitu terdiri bagi 4 baris yang bersajak a-b-a-b dan terdiri untuk sampiran dan isi. Hikayat yang satu ini sudah begitu kental dimasyarakat Indonesia karena sudah ada semenjak dahulu bahkan tidak jarang yang menggunakan pantun sederajat bahan bahasan di kehidupan sehari-hari. Karena ada penuh jenis pantun yang terdapat di Indonesia seperti pantun jenaka yang sering dimanfaatkan sebagai bahan candaan ketika berkumpul.

6664487023314637566.jpg

Secara umum persetujuan dari pantun itu otonom merupakan salah satu dari rupa puisi lama yang sungguh sangat luas sekali dikenal dalam bahasa yang tersebar di Nusantara. Ada kaum syarat dan juga gambaran dari pantun, yaitu untuk baris pertama dan ke-2 pantun harus berisi sampiran saja dan untuk rangkaian ketiga keempatnya merupakan makna pantun. Sudah sangat familiar bahwa pantun memiliki sajak a-b-a-b di setiap selesai baris pantun. Hal ityu yang juga membuat pantun ini mudah dikenal oleh penuh masyarakat Indonesia.

Ada penuh jenis dari pantun yang perlu diketahui, kumpulan puisi lama dikelompokkan bisa berdasarkan daripada kelompok usia dan isinya. Setiap jenis dari pantun mempunyai karakteristik, ciri-ciri & syarat-syarat yang berbeda paling utama pada bagian isi pantunnya. Yang pertama jenis pantun menurut dari kelompok usianya, adalah pantun anak yang memiliki hubungan masa di buyung yang menggambarkan rasa suka cita maupun duka cita. Lalu pantun remaja yang secara umum memiliki makna perkenalan, rumah tangga, percintaan atau sentimen. Adapun juga pantun orang tua yang berisi adat budaya, nasehat atau agama.


Selanjutnya species pantun berdasarkan isinya ada pantun suka cita atau terharu cita, pantun cinta yang berisi romantisme atau sanggup asmara antara dua orang-orang yang berbahagia. Tidak rontok populer juga yaitu pantun jenaka yang merupakan species pantun untuk menghibur sapa saja yang mendengarnya, biasanya juga digunakan sebagai puisi lama sindiran tetapi juga sederajat pantun yang mencairkan suasana.

Kumpulan pantun selanjutnya merupakan https://www.rumahpantun.xyz pantun agama yang merupakan pantun berisi dakwah yang isinya ajakan untuk melaksanakan kebaikan dan juga nilai-nilai yang berhubungan dengan religius. Adapun pantun nasehat yang tidak jauh berbeda dengan pantun kepercayaan. Berisi tentang nasehat dan untuk mendidik siapa yang mendengarnya

referensi:
https://www.rumahpantun.xyz
https://id.wikipedia.org/wiki/Rumah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar