Selasa, 05 Maret 2019

Beraneka ragam Manfaat Karya Sastra Pantun

Kiranya terlintas pemikiran bahwa memilikinya kumpulan pantun hanya sekadar pengetahuan saja. Pendapat yang seperti itu justru sangat melenceng besar. Pantun merupakan impak karya sastra asli Indonesia yang mana zaman dahulu banyak yang menggunakan pantun untuk sukma sehari-hari. Misalnya anak-anak sedang bermain, para remaja yang sedang berkumpul dan pun orang tua yang memberikan nasehat untuk anak-anaknya diungkapkan beserta pantun. Hal tersebut menyibakkan bahwa pantun adalah hasil budaya dari masyarakat yang memiliki nilai seni tinggi.

6664487206036821672.jpg

Sebagai warga negara yang meninggikan kebudayaan maka wajib menjaga kebudayaan yang dimiliki negara Indonesia. karena budaya tidak akan pernah ternilai harganya maka itu sebagai pewaris dari kebudayaan wajib untuk melestarikannya dengan mengaplikasikannya di kehidupan sehari-hari.

Adanya sebuah karya sastra mulai dahulu pastinya tidak seharga sebagai pajangan bahkan seharga sebagai pengetahuan saja. Ura-ura pantun sebagai hasil karya sastra Indonesia pastinya memiliki kegunaan dan juga peran yang sangat penting dalam masyarakat. Kegunaan dari pantun untuk masyarakat yaitu sebagai alat untuk pemelihara bahasa. Dengan kata lain yaitu pantun berfungsi untuk menjaga fungsi dari pertuturan dan kemampuan dalam melestarikan alur berpikirnya masyarakat.

Adanya pantun bisa melatih suku untuk berpikir terlebih dulu mengenai makna dari 1 buah kata sebelum diucapkan. Selain itu juga pantun bekerjaberlaku, berlangsung, beroperasi, berproses, hidup, main, menyala sebagai alat untuk melatih dalam berpikir asosiatif dimana kata yang satu beserta yang lainnya saling menyandang keterkaitan. Jika dipandang dari segi sosial, pantun berikut juga dapat berfungsi dalam pergaulan yang bisa menegakkan pertemanan saat ini. saat ini getah perca generasi muda sudah mulai menghargai kemampuan dalam berkelong, karena ketika seseorang ahli dalam bermain pantun oleh rumahpantun.xyz karena itu dapat menunjukkan kecepatan orang2 tersebut dalam berpikir dan juga bermain kata.

Kesimpulannya fungsi pantun di dalam nasib masyarakat yaitu sebagai pesawat untuk penguat dalam penyampaian suatu pesan yang sehat dalam sebuah kehidupan. Sebab pantun itu sendiri punya banyak pesan-pesan atau masukan moral, nasihat yang bermanfaat. Sehingga dengan adanya hikayat kumpulan pantun diharapkan masyarakat bisa menjaga nilai perangai dan juga dapat memelihara lisan saat akan mangap.

referensi:
https://www.rumahpantun.xyz

https://id.wikipedia.org/wiki/Rumah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar