Minggu, 03 Februari 2019

Fenomena Center Indonesia & Jenis-Jenisnya

Indonesia adalah salah satu negara besar yang ada di Asia Tenggara. Kalau dibandingi dengan negara tetangga, Indonesia mempunyai wilayah yang betul-betul luas. Selain areanya, jumlah penduduk Indonesia juga amat banyak. Kabarnya, Indonesia menempati posisi ke empat negara yang paling besar penduduknya. Dengan keadaan demikian, Indonesia sepertinya semestinya memiliki sistem data center atau sentra data yang terintegrasi. 

Sentra data ialah sebuah metode yang mengintegrasikan sistem komputer dengan bagian lainnnya seperti penyimpanan data dan telekomunikasi. Sentra data juga menjadi salah satu server untuk database tertentu. Data center di Indonesia terdiri dari berbagi macam tergantung dari kelompoknya. Semisal, ada sentra data kependudukan, kesehatan dan lain sebagainya. 

6653722256627787232.jpg

Variasi data berdasarkan Telecommunication Industry Association dibagi menjadi empat variasi. Macam pertama adalah Tier 1.Tier 1 memiliki tingkat availability sebesar 99,671%. Wujudnya satu trek listrikan dan pendingin. Hanya saja belum terdapat bagian redudansi. Untuk ragam sentra data Data Center yang pertama ini lazimnya digunakan pada perusahaan atau bisnis skala kecil. Waktu untuk download data ini juga membutuhkan waktu sampai 28 jam’.

Jenis yang kedua ialah Tier 2. Tier 2 memiliki tingkat availability sebesar 99,741%. Waktu download untuk data ini masih termasuk dalam kelompok lama merupakan 22 jam. Pada biasanya data center ini diaplikasikan untuk perusahaan tingkat menengah. Misalnya, perusahaan konveksi, perusahaan tekstil, dan perusahaan lain yang masih tergolong skala menengah. 

Variasi sentra data yang ketiga yakni Tier 3. Tier 3 mempunyai tingkat availability sebesar 99,982%. Waktu download dari pusat data ini maksimal hanya 1,6 jam. Sentra data ragam Tier 3 jalanan kelistrikan dan jalanan pendingin lebih dari satu. Selain itu, macam ini memiliki komponen redudansi serta perawatannya bisa dikerjakan secara konkuren. 

Variasi sentra data yang terakhir yaitu Tier 4 yang mempunyai tingkat availability menempuh 99,995%. Untuk jalanan dan pendingin dan kelistrikan terdapat lebih dari satu dan semuanya aktif. Waktu unduh cuma 0,04 jam atau sekitar 2 menit. Ragam ini sungguh-sungguh cocok untuk data center Indonesia. 

referensi:
http://thesyllabusforclass.com/5-manfaat-data-center-untuk-kepentingan-infrastruktur-it/
https://id.wikipedia.org/wiki/Data

Tidak ada komentar:

Posting Komentar