Minggu, 03 Februari 2019

Jakarta, Satu diantara Smart City Indonesia

Mendengar kata Jakarta mungkin sudah tidak asing lagi di alat pendengar Anda. Yah, siapa sih yang tak tahu ibukota dari Indonesia ini? Jakarta adalah salah satu kota besar di Indonesia yang memiliki kemajuan lebih dibandingi kota lainnya. Baru-baru ini, informasinya Jakarta digadang-gadang menjadi salah satu smart city atau kota cerdas di Indonesia. Apa itu kota cerdas?

https://static1.squarespace.com/static/55612fe3e4b097b77baec642/5561316fe4b09c8e594fc41e/55613170e4b09c8e594fcc9d/1331950404533/1000w/white-living-room-03.jpg

Konsep dari kota cerdas yaitu kota yang dapat menolong masyarakatnya untuk mengelola sumber tenaga yang dimiliki secara efektif dan efisien. Lebih luasnya lagi, kota cerdas berarti kota yang sanggup menghubungkan infrastruktur IT, infrastruktur fisik, infrastruktur sosial, dan infrastruktur bisnis. Jadi, smart city mengutamakan terhadap pemakaian smart computing untuk mengatur dan mengintegrasikan semua infrastruktur yang ada di kotanya. 

Di Indonesia sudah ada lima kota yang telah menerapkan konsep kota cerdas, salah satunya Jakarta. Smart city Jakarta sudah membuat link portal untuk segala masyarakat DKI Jakarta. Sehingga, pelbagai keperluan layanan dan informasi dapat diakses dengan pesat dan terintegrasi. Lalu apa manfaat kota cerdas?

6653717894258838018.jpg

Kota cerdas mungkin menjadi asa dari segala negara yang ada di dunia. Sebab, manfaat dari kota cerdas betul-betul banyak. Masyarakat bisa dengan gampang mencari data dan info di tiap sudut kota tersebut. Kemudian data itu bisa dikaji sesuai dengan keperluan yang diinginkan. Lebih canggihnya lagi, kota cerdas ini terintegrasi dalam sebuah aplikasi yang dapat dipasang di bermacam gadget. Kecuali itu, pengguna juga bisa menjadi sumber data, mengirimkan isu ke pusat yang nantinya dapat diakses oleh pengguna lain yang membutuhkan. Amat keren bukan? Pertanyaan selanjutnya ialah apakah Jakarta sudah layak menjadi kota cerdas?

Untuk menyandang status kota cerdas tentu bukanlah hal yang mudah. Ada banyak hal yang patut dipenuhi. Jakarta bisa dikatakan http://www.qalbaliraq.net/5-jenis-teknologi-yang-bisa-diterapkan-pada-smart-city/ telah cukup sesuai menjadi smart city. Dari keadaan geografisnya, seluruh sudut kota Jakarta dapat dijangkau. Dari sisi demografinya, penduduk Jakarta jumlahnya amat besar. Apabila diperhatikan dari teknologinya, telah pantas menjadi smart city Jakarta. 

referensi:
http://www.qalbaliraq.net/5-jenis-teknologi-yang-bisa-diterapkan-pada-smart-city/
https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_cerdas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar