Selasa, 05 Februari 2019

Batik Sejajar Warisan Leluhur

Artikel kali ini akan membahas mengenai warisan leluhur yang semestinya dijaga dan dirawat dengan baik oleh generasi masa sekarang. Indonesia yaitu negara yang kaya baik itu hasil alam ataupun adat istiadatnya. Kekayaan Indonesia ini memang telah dikenal semenjak zaman dahulu kala oleh negara lain sehingga mengundang para penjajah yang ingin menguasai kekayaan yang dimiliki oleh Indonesia. Selama ratusan tahun lamanya Indonesia mengalami penjajahan untuk merajai kekayaan Indonesia. Oleh karena itu generasi dikala ini mengemban amanah penting dari leluhur untuk menjaga http://batik-s128.com/category/kain-batik/ kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia termasuk warisan kain batik. 

Banyak hal yang dapat menarik perhatian bangsa lain pada negara Indonesia. Kekayaan alam yang tidak ternilai tersebar hampir di seluruh wilayah negara ini. Belum lagi kekayaan tradisi yang benar-benar beragama dan unik. Indonesia menduduki peringkat ke dua di dunia sebagai negara dengan jumlah bahasa daerah yang paling banyak. Banyak sekali bahasa daerah yang ada di Indonesia dan dengan Pancasila segala perbedaan tersebut bisa disatukan.

6654111802205080960.jpg

Kekayaan tradisi di Indonesia bahkan terdiri dari banyak hal bagus itu dalam bentuk tarian, nyanyian, seni lukis, hingga kain batik. Ya batik ialah salah satu dari sekian banyak warisan leluhur yang harus dijaga oleh generasi masa sekarang. Batik yang ada di Indonesia malahan benar-benar beraneka jenisnya, meniru kearifan lokal yang ada di masing-masing daerah. Pun tiap motif batik mempunyai makna dan filosofinya tersendiri bagus dan terdapat suatu cerita dari masing-masing motifnya. Jikalau Anda observasi baik-baik motif batik dari tiap tempat memiliki ciri khasnya masing-masing ada yang menyebutkan tentang tumbuhan, hewan, hingga keindahan alam dengan filosofinya masing-masing.

Warna yang ada pada batik malah bermacam, apalagi dikala ini kemajuan teknologi pun ikut serta memberi intervensi. Saat ini pengerjaan pembuatan kain batik tidak memakan waktu yang lama seperti dulu sebab ada metode batik cap mengaplikasikan alat. Namun selera orang tentunya berbeda-beda, ada yang menyukai batik tulis yang diciptakan secara tradisional maupun batik cap. 

referensi:
http://batik-s128.com/category/kain-batik/
https://id.wikipedia.org/wiki/Batik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar