Minggu, 30 Desember 2018

Menyelami Kian Dekat PKH Kementerian Sosial

Mungkin Anda pernah mendengar tentang PKH? Ini yaitu salah satu program yang dimiliki oleh Kementerian Sosial yang dimaksudkan untuk mengurangi angka kemiskinan rakyat Indonesia. Program yang telah mulai dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia semenjak tahun 2007 ini adalah program bantuan sosial dengan syarat tertentu yang cuma diberi pada KPM atau keluarga penerima manfaat.
image

Program ini sendiri menerima pengukuran yang baik dari bank Dunia. Yang mana menurut bank dunia program ini menjadi salah satu metode yang betul-betul efektif untuk membantu mengurangi angka kemiskinan yang ada. Lingkup utama dari program ini ialah bantuan di bidang fasilitas kesehatan dan pendidikan untuk masyarakat miskin.

Nah dalam melakukan programnya, diperlukan seorang pendamping PKH yang akan memantau dan mempertimbangkan bantuan sosial dapat diterima oleh yang memiliki hak menerimanya dengan sebaik-bagusnya. Untuk itu pemerintah memberikan Gaji Pendamping PKH dengan jumlah yang hampir seimbang dengan gaji PNS kelompok IV. Meski tentunya besaran gaji tiap tempat berbeda dan masing-masing mempunyai kebijakannya sendiri.

Menjadi seorang pendamping ialah satu profesi yang sekarang mulai diincar oleh banyak orang. Mengingat gajinya yang lumayan, sekaligus ada bonus tambahan dari tiap-tiap kebijakan tempat profesi ini semakin diminati dikala kualifikasi pendidikan pun tak mensyaratkan pengajaran tinggi. Anda dapat melamar pekerjaan tersebut sedangkan Anda cuma alumnus SMA saja.

Program yang dimiliki oleh Kementerian Sosial ini memang telah ternyata sanggup mengurangi angka kemiskinan yang ada di Indonesia sehingga membikin misi utama program ini semakin tinggi setiap waktunya. Melewati program ini keluarga penerima manfaat diberi penyuluhan dan pemahaman untuk memanfaatkan fasilitas pengajaran dan kesehatan yang sudah disediakan oleh pemerintah Indonesia khusus untuk masyarakat miskin.

Diinginkan dengan adanya pemanfaatan fasilitas pendidikan dan kesehatan secara optimal oleh KPM, karenanya angka kemiskinan akan semakin menurun dan kesejahteraan dapat didapat secara merata oleh segala masyarakat Indonesia. Itulah sebagian kabar penting yang ada dalam program yang dimiliki oleh Kemensos PKH atau program keluarga harapan. Semoga seiring dengan berjalannya waktu kesejahteraan bisa ditempuh oleh segala keluarga di Indonesia dan tidak ada lagi kesenjangan antara yang kaya dengan yang miskin.

referensi:
http://www.pkhdaily.com/
https://id.wikipedia.org/wiki/Keluarga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar