Minggu, 30 Desember 2018

4 Macam Batu Akik Masyhur

Banyak sekali orang yang suka batu akik sebab memiliki skor estetika dan keunikan tersendiri. Tak cuma orang tua saja yang menyenangi batu ini, karena ada cukup banyak kalangan muda yang menyukainya. Pencinta batu ini tak memandang profesi, sehingga banyak sekali dicari. Sesungguhnya, batu ini mempunyai jenis variasi dan ragam, sehingga tidak dapat diacuhkan, bahwa kesukaan setiap orang tentu berbeda-beda. 

Bagi yang penasaran dengan batu unik ini, karenanya ada sebagian ragam yang perlu diketahui antara lain yakni sebagai berikut.

1. Bacan Hijau

Batu macam ini banyak sekali dicari oleh para kolektor. Pada dasarnya batu ini berasal dari Maluku Utara di Halmahera Selatan tepatnya daerah pulau kasiruta. Kolektor tipe batu ini tidak hanya di Indonesia saja akan tapi juga terdapat banyak kolektor mancanegara. Keunikan dari batu ini yaitu dapat bermetamorfosa dengan alami karena akan nampak kian indah seiring berjalannya waktu.

2. Ragam Kalimaya

Banyak orang yang menyebut batu akik Kalimaya dengan sebutan black opal. Pada dasarnya batu ini dikategorikan lembek, akan namun banyak sekali kolektor yang mencari batu ragam ini. Warna dari batu macam ini merupakan seperti berlian sehingga sungguh-sungguh menarik perhatian. Negara-negara yang sering kali dijumpai batu jenis ini merupakan Meksiko, India, Mesir, Australia, dan di Banten Indonesia.

3. Jenis Kalsedon

Sebenarnya batu variasi kalsedon ini memiliki ciri-ciri yang betul-betul khas yaitu seolah-olah diselimuti dengan kabut yang transparan. Hal inilah yang mewujudkan batu macam ini lebih eksotis. Tempat-tempat yang kerap dijumpai batu ini yakni di daerah Sulawesi Tenggara dan Jawa Barat.

4. Ragam Zamrud

6640331141023123090.jpg

Bagi akik pencinta batu variasi zamrud maka perlu menyiapkan banyak uang untuk mendapatkannya. Warna khas dari batu ini ialah warna hijau dan acap kali digunakan untuk batu perhiasan. Saat zaman kerajaan, batu dengan ukuran kekerasan sekitar 7,5 skala mohs ini diciptakan sebagai simbol kemakmuran serta ketenteraman.

Demikianlah beberapa ragam batu akik yang perlu diketahui oleh para kolektor. Masih ada puluhan tipe lainnya yang sangat menarik dan tentunya banyak sekali diburu oleh para pencinta variasi batu ini. Ada cukup banyak daerah di Indonesia yang terdapat banyak tambang batu ini.

referensi:
https://batuakik.info
https://id.wikipedia.org/wiki/Batu_permata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar