Selasa, 06 November 2018

Hantaran Akad nikah Yang Unik Serta Spesial

Pernikahan sejatinya yaitu sebuah progres yang sangat sakral bagi kedua belah keluarga yang hendak menikahkan putra-putrinya. Dalam menjalani prosesi pernikahan, terdapat sebagian level yang seharusnya dilewati oleh calon pengantin laki-laki dan perempuan. Salah satunya merupakan kewajiban calon pengantin laki-laki untuk menyerahkan hantaran pernikahan kepada calon pengantin wanita dan keluarganya. Sekiranya dahulu jenis seserahan pernikahan hanya itu-itu saja, maka sekarang macam seserahan kian banyak dan menarik. Oleh karena itu, kita tak jarang kali menemukan seserahan pernikahan dengan figur dan gaya yang betul-betul menarik serta kaya akan makna.

Tipe seserahan yang harus ada dalam sebuah acara pernikahan mempelai muslim merupakan seperangkat alat sholat, seperti mukena, tasbih, dan sajadah. Tujuan dari pemberian seserahan ini yakni untuk mengingatkan mempelai agar senantiasa mengutamakan kewajibannya sebagai muslim dan muslimah, adalah shalat 5 waktu. Hal ini juga bertujuan untuk mengingatkan calon mempelai laki-laki bahwa Ia nantinya akan menjadi imam bagi istri dan anak-anaknya.

Nah, ragam seserahan lain yang semestinya ada yakni perhiasan. Ya, perhiasan memang selalu menjadi komponen dalam sebuah hantaran pernikahan. Tujuan dari pemberian hadiah perhiasan kepada calon mempelai wanita adalah supaya sang wanita yang akan segera menjadi istrinya hal yang demikian dapat senantiasa bercahaya serta bercahaya di sepanjang hidupnya. Macam perhiasan yang diberikan dapat berupa cincin, anting, kalung, dan gelang.

6620402835513100372.jpg

Seperangkat alat make up atau kosmetik juga lazimnya selalu ada dalam sebuah seserahan pernikahan. Memberikan seserahan berupa seperangkat alat kosmetika bertujuan supaya sang mempelai wanita nantinya dapat senantiasa bersolek serta menjaga penampilannya untuk terlihat menawan di depan sang suami. Jenis kosmetika yang diberikan bahkan beraneka-macam, mulai dari bedak, lipstik, eyeshadow, eyeliner, maskara, body lotion, body scrub, masker, sabun, dan lainnya.

6620404181789675986.jpg

Itulah beberapa ragam seserahan yang lazimnya senantiasa hadir dalam sebuah pesta pernikahan. Hantaran pernikahan hal yang demikian biasanya juga dilengkapi dengan beberapa ragam seserahan lainnya cara membuat hantaran pernikahan seperti peralatan mandi, buah-buahan, makanan tradisional, sepatu, baju dalam, baju tidur, tas, dan lain-lain. Pada intinya, seserahan yang diberikan kepada calon mempelai wanita yaitu simbol bahwa sang pengantin pria siap memberikan segala nafkah lahir dan batin terhadap calon istrinya hal yang demikian.

referensi:
http://www.rumahnikah.com/cara-membuat-hantaran-pernikahan/

https://id.wikipedia.org/wiki/Pernikahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar