Selasa, 06 November 2018

Mengerti Beragam Sumber Haid Gak Mulus

Menstruasi atau haid yakni siklus bulanan yang dialami oleh para wanita. Pada umumnya, menstruasi terjadi tiap-tiap 28-35 hari sekali. Melainkan, setiap wanita akan mengalami siklus haid yang berbeda tergantung dengan kondisi tubuh masing-masing. Ada sebagian wanita yang sering kali mengalami dilema menstruasi, seperti haid tak lancar. Tiap-tiap wanita tentunya akan merasa cemas ketika mengalami sudah haid. Sebagian dokter menceritakan bahwa haid yang tak lancar secara terus menerus yakni petunjuk dari suatu penyakit. Namun, haid yang tidak lancar juga bisa disebabkan oleh hal-hal lainnya.

Salah satu hal yang paling sering kali membikin wanita mengalami haid yang tak lancar merupakan unsur stres. Ya, mengalami stres berlebih ternyata dapat memberi pengaruh hormon dalam tubuh wanita, sehingga hal ini berdampak pula kepada siklus haid atau menstruasi. Untuk memecahkan haid yang tak lancar sebab faktor stres, maka bisa melakukan teknik relaksasi, rutin olahraga, dan menjalankan kegiatan lain yang dapat menurunkan tingkat stres.

6620410863992639886.jpg

Jikalau wanita yang telah memasuki umur 40 tahun mengalami haid tak lancar, maka hal ini merupakan hal yang wajar. Mengapa? Pada biasanya, haid yang tak lancar yakni salah satu ciri-ciri wanita yang akan mengalami menopause. Seperti yang kita kenal bahwa menopause yakni suatu keadaan di mana para wanita di atas 40 tahun sudah tidak mengalami menstruasi lagi. Apabila menopause dini mulai terjadi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mengenal kondisi yang hakekatnya.

Adanya permasalahan pada kelenjar tiroid juga menjadi salah satu hal yang bisa menyebabkan haid menjadi tak lancar. Kelenjar tiroid sendiri ialah suatu kelenjar yang berprofesi untuk membatasi metabolisme dalam Penyebab haid tidak lancar tubuh. Kalau kelenjar ini mengalami gangguan atau keadaan sulit, karenanya bermacam siklus metabolisme dalam tubuh juga ikut serta terganggu, termasuk siklus menstruasi pada wanita. Sekiranya hal ini terjadi, pastikan bahwa Anda segera melaksanakan konsultasi dengan dokter supaya dapat mendapatkan penanganan dengan baik dan menstruasi bisa lancar kembali.

Sebagian hal tersebut merupakan unsur yang dapat menyebabkan haid menjadi tidak lancar. Selain itu, ada hal lain yang sering kali kali menjadi penyebab haid tak lancar, yaitu merokok, gaya hidup yang tak sehat, mengalami penyakit kronis, sindrom ovarium polikistik, berat badan menurun, obesitas, pemakaian alat kontrasepsi, dan hormon prolaktin berada pada jumlah berlebih. Sekiranya Anda mengalami problem haid yang tidak lancar, langsung memeriksakan diri pada dokter terdekat agar lantas diketahui penyebabnya dan bisa ditangani dengan baik.

referensi:
http://www.arwini.com/15-penyebab-haid-tidakteratur-dan-menstruasi-tidak-lancar/

https://id.wikipedia.org/wiki/Menstruasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar