Selasa, 25 Agustus 2015

Resep Tempe Bacem Jawa Sedap Mudah

Tempe merupakan makanan tertentu tradisional Indonesia dengan disukai hampir sekujur masyarakat Indonesia. Namun, tahukah Anda, bahwa hak paten tempe dimiliki oleh Jepang dan Amerika sungguh Indonesia. Padahal Indonesia memiliki berbagai siasat resep olahan tempe yang diwariskan oleh para leluhur, satu diantaranya adalah Resep Tempe Bacem. Tempe Bacem ini sangat tenteram untuk disantap rapi nasi maupun untuk dijadikan cemilan.



Resep Tempe Bacem Efektif Dan Mudah

Resep tempe bacem berasal dari daerah Jawa; cita rasanya elegan dan gurih, kompatibel untuk lidah sosok Jawa. Tempe Bacem merupakan makanan dengan bahan utama tempe yang diolah dengan cara direbus beserta bumbu-bumbu dan gula merah. Awalnya, Resep ini dibuat supaya dapat langsung dimakan tanpa digoreng, dengan demikian dapat menghemat biaya. Namun pada saat ini, Tempe Bacem terus-menerus disajikan setelah digoreng.

Terkadang resep tempe bacem jawa juga ada yang rasanya tidak gurih dan berbau langu. Hal ini lazimnya disebabkan oleh penuh hal, seperti markah tempe yang sedikit baik. Tempe ialah makanan olahan berbahan dasar kedelai secara difermentasikan dengan model. Kualitas ragi inilah yang akan menawan kualitas dari tempe.

Meminimalisir bau tempe

Untuk meminimalisir aroma tempe yang kurang sedap, kuncinya ada pada awal pengolahan resep tempe bacem. Ketika menyiapkan larutan rebusan, masukkan tempe dengan daun tabik dan garam terlebih dahulu sebelum mengikutkan bumbu-bumbu lainnya. Berikutnya, untuk mendapatkan cita rasa yang lebih gurih dan nikmat Engkau dapat menggunakan larutan kelapa untuk membubuk tempe dan bumbu-bumbu lainnya. Penggunaan air kelapa juga bakal melembutkan tekstur tempe, sehingga pada kala disantap tempe tidak akan terasa keras.

Agar bumbu meresep dgn baik

Agar injeksi Resep Tempe Bacem meresap ke di setiap lapisan tempe, usahakan setiap potongan tempe terendam di dalam air secara berisi campuran suplemen. Masak dengan obor kecil hingga air rebusan menjadi surut (hampir kering). Akan tetapi jangan sampai larutan rebusan kering, sebab akan menyebabkan tempe menjadi gosong. Apabila ingin menambah persepsi rasa asli tempe bacem, masak memakai tembikar dengan kayu bakar.

Goreng beserta minyak panas

Goreng tempe yang tutup direbus menggunakan minyak panas dengan kebakaran kecil. Hal tersebut dilakukan agar tempe dapat matang secara sempurna dan bukan gosong. Jika sudah biasa berwarna kecoklatan buru-buru angkat dan tiriskan. Sajikan selagi intim, karena tempe bacem akan lebih tenang disantap ketika sedang hangat.

Resep tempe bacem Jawa itu tentunya sangat gampang dan praktis buat dicoba karena tidak memerlukan keahlian memasak secara khusus, cuma butuh kesabaran saja dalam mengolahnya. Terlindung mencoba dan mudah-mudahan bermanfaat.

referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar