Selasa, 03 Desember 2019

Macam-Macam Jenis Cerita Rakyat

Indonesia menjadi salah satu negara yang beragam, tidak hanya beraneka ragam flora serta fauna aja, Indonesia juga memiliki variasi suku dan budaya. Hal ini membangkitkan banyaknya cerita rakyat yang hadir di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Kaul tersebut siap menjadi satu legenda yang diceritakan menurut keturunan atau generasi selanjutnya.
image

Cerita rakyat sendiri di umumnya berkisah tentang cerita suatu tempat, bangunan impresif, atau hal lainnya. Di cerita ini, Anda tak akan menemukan siapa penulis cerita atau daripada Anda sumber cerita tersebut. Hal itu dikarenakan cerita jenis yang satu itu diceritakan secara turun temurun ke pada setiap generasi. Kecek jenis yang satu tersebut disampaikan dari mulut di mulut di generasi lalu kemudian. Tokoh yang diceritakan pula tidak cuma manusia aja, akan tetapi pula dapat berupa binatang, hewan, bahkan makhluk gaib sekalipun.

Ada kurang lebih jenis kecek rakyat cepak yang dapat Anda dapatkan. Jenis yang pertama ialah cerita Kabar burung. Cerita yang satu ini memiliki wajah utama binatang dimana di dalam umumnya dalam cerita spesies ini satwa tersebut bisa berperan serupa manusia. Salah satu contoh spesies cerita Khayalan adalah Kancil yang Cerdik.

Jenis kaul yang kedua adalah kecek legenda. Spesies cerita yang satu itu memuat sesuatu yang terkait dengan asal usul suatu tempat. Sebagai contoh ialah asal usul pematang Toba serta Pulau Samosir. Jenis kecek yang ketiga adalah Mite. Cerita yang satu itu berisi tentang dewa serta dewi dimana cerita pada dalamnya penuh dengan taktik yang samar dan suci. Salah satu tiruan cerita spesies yang satu ini merupakan cerita tentang Dewi Sri.

Jenis cerita yang keempat adalah Sage. Cerita yang satu tersebut berisi mengenai hal yang berhubungan beserta sejarah. Sebagai contoh dari cerita ini merupakan Roro Jonggrang yang terkait dengan kisah Candi Prambanan.

Demikian dalam atas adalah beberapa macam cerita rakyat pendek yang dapat Dikau pilih serasi dengan tujuan Anda. Kamu dapat memakai beberapa kaul di atas sebagai cerita sebelum tidur untuk anak Anda.


referensi:
https://wisatawan.id/kumpulan-cerita-rakyat-pendek/
https://id.wikipedia.org/wiki/Folklor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar