Jumat, 12 Oktober 2018

Mengetahui Macam & Fungsi Valve

Valve adalah alat yang dipakai untuk membatasi aliran benda cair, gas ataupun fluidasi benda padat. Toko bangunan atau toko alat rumah tangga banyak yang jual valve sehingga Anda tidak perlu kesusahan untuk mendapatkannya. Valve dipakai untuk memenuhi keperluan pada pipa air atau kran. Selain itu valve juga diaplikasikan untuk katup pada kompor atau katup pada kamar mandi.

Jenis-variasi valve seperti gate valve, globe valve, ball valve, sefety valve dan sebagainya. Artikel ini akan membahas empat jenis vale yang telah diceritakan. Pertama gate valve, yaitu tipe valve yang banyak diaplikasikan pada pipa yang berfungsi untuk membuka dan menutup aliran pada pipa. Valve ini tidak bisa untuk mengontrol kencang lambatnya laju aliran fluida dalam pipa. Valve ini sepatutnya dalam posisi terbuka atau tertutup tidak dapat setengah-setengah.


Tipe kedua ialah global valve. Tipe valve yang satu ini juga gampang ditemukan pada warung jual valve yang ada di sekitar Anda. Tipe valve ini bisa dipakai untuk mengontrol laju aliran yang mengalir pada pipa. Prinsip kerja valve ini merupakan tegal lurus dari dudukannya. Globe valve memiliki tiga wujud yaitu Z-body, Y-body, dan Angel Body. Terdapat perbedaan format di antara ketiganya.

Selanjutnya ialah ball valve yang mempunyai format disc bulat seperti belahan atau bola. Bentuk bola hal yang demikian terdapat di bagian tengah lubang yang segaris lurus dengan ujung valve. Via benda hal yang demikian aliran akan terjadi. Ball valve banyak diaplikasikan pada industri untuk membendung tekanan sampai 1000 barr. Valve yang satu ini diciptakan dari bahan logam, keramik maupun plastik. https://www.ramevalve.com/valve-product ini akan dilapisi dengan chrome supaya mempunyai kekuatan tahan yang lebih lama.

Ragam terakhir adalah safety valve atau katup pengaman. Variasi valve yang satu ini bisa bekerja otomatis untuk melepaskan zat dari suatu cara, bejana tekan, maupun boiler. Jenis katup ini sudah diterapkan sejak awal revolusi industri. keberkahannya banyak warung jual valve untuk memenuhi keperluan konsumen.

referensi:
https://www.ramevalve.com/valve-product

`https://id.wikipedia.org/wiki/Pelatuk_klep

Tidak ada komentar:

Posting Komentar