Kamis, 13 September 2018

Pemandangan Cantik Wisata Candi Prambanan

Indonesia negeri yang kaya akan kebiasaan dan dibeberkan dengan berjenis-jenis peninggalan sejarah. Candi Prambanan yaitu salah satu warisan kebiasaan yang telah diakui oleh UNESCO sejak 1991. Kecuali estetika dan kemegahannya candi ini juga menaruh kisah klasik Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso. Berlibur di candi ini tak hanya soal panoramanya tapi juga seputar belajar sejarah.

Dikala berlibur di candi Hindu ini Anda bisa merasakan liburan budaya. Sajian sendratari Ramayana bisa Anda nikmati. Penampilan seni drama tari yang luar umum akan ditampilkan secara memukau oleh para seniman candi ini. Pastinya akan benar-benar disayangkan ketika Anda datang ke Prambanan melainkan tidak menonton perhelatan tarian ini. 

Selain liburan kultur, Anda juga akan disuguhkan keunikan bangunan candi yang semacam itu luar awam. Relief candi yang cantik terpahat dengan total. Relief-relief ini dipahat pada zaman kerajaan masa lalu. Relief-relief hal yang demikian saling sambung menyambung hingga membikin rangkaian cerita. Salah satu cerita yang terwujud seperti asal-usul Candi Prambanan ini.

Ketika membahas asal-usulan Prambanan Anda pasti tidak asing dengan bangunan seribu candi yang menjadi permintaan Roro Jonggrang pada Bandung Bondowoso yang berkeinginan menikahnya. Konon momen itulah yang menyebabkan munculnya seribu candi megah ini. Bandung Bondowoso hampir berhasil membangun seribu candi dengan bantuan jin atau roh halus. Namun, Roro Jonggrang sukses menggagalkannya dengan mengerahkan seluruh pelayan untuk menabuh lesung dan kokokan ayam. Cerita ini bahkan sudah sungguh-sungguh melegenda sehingga banyak pula pementasan sendratari yang mengisahkan legenda ini.

Dari segi bangunan, candi ini terbagi menjadi tiga area. Komponen-bagian itu terdiri dari pelataran njobo, tengahan dan njeron. Pelataran njobo dibangun sebab terinspirasi dari Bhurloka yang bermakna penuh hawa nafsu. Pelataran https://garasijogja.com/harga-tiket-candi-prambanan/ tengah berbentuk undakan yang jumlahnya 878 candi. Pekarangan njero yang terinspirasi Svargaloka yang berarti alam tertinggi paling suci.

6474404510862191316.jpg

Itulah hal-hal menarik yang dapat Anda nikmati di Candi Prambanan. Candi ini benar-benar pantas untuk studi wisata bersama keluarga dan anak-si kecil. Amat menyenangkan berlibur disana.

referensi:
https://garasijogja.com/harga-tiket-candi-prambanan/
https://id.wikipedia.org/wiki/Pariwisata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar