Kamis, 06 September 2018

Oleh-Oleh Haji Yang Wajib Saudara Beli

Haji ialah kewajiban setiap umat Islam. Dalam rukun Islam yang kelima juga diceritakan bahwa haji peraturannya patut. Namun mengingat cara kerja ibadah haji yaitu di kota Mekah Arab Saudi, karenanya di belakang kata seharusnya tersebut diberi tambahan haji mesti aturannya bagi yang sanggup. Seorang haji Indonesia tentu memerlukan biaya yang besar untuk dapat pergi ke tanah suci. Belum lagi oleh-oleh haji yang pasti seharusnya dibeli.

Haji bagi warga Indonesia yaitu seperti hal oleh oleh haji yang benar-benar istimewa. Kebiasaan di Indonesia sendiri, seorang yang berangkat haji, nantinya akan diperlakukan istimewa. Banyak orang yang bertamu untuk sekadar bersilaturahmi dan mendoakan. Setelah pulang dari tanah suci, para tetangga juga nantinya akan kembali lagi berkunjung ke rumah untuk menanyakan kabar setelah beribadah. Oleh sebab itu, oleh-oleh haji memiliki peranan penting ketika seseorang dapat naik haji.

Ibarat Anda ketika pergi jalan-jalan ke suatu tempa, tentu memberikan oleh-oleh untuk sahabat, saudara maupun kerabat. Oleh-oleh tersebut tentunya sebagai kenang-kenangan. Begitu malahan dengan oleh-oleh sesudah pergi haji. Apalagi, Mekah yaitu tanah suci dimana tiap orang betul-betul mengidam-idamkan dapat menginjakkan kaki disana. Tentu mereka akan bergembira bila dapat menikmati oleh-oleh khas dari tanah suci hal yang demikian.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi_YVR6KH30DSmMMWm6pVoW_ZPUfLO8kUhJCSg9cQmb17Gsm-k5Szq3LYlPapNkcSNGT2Rb02WVo-dF0aHCyA0M-VOVexMyDCfOFAnOwUnLMZgXw82hzduN_mCsXXaQ8sFcgoT82OEWQIs/s1600/buah tin.jpg

Oleh-oleh dari tanah suci yang paling utama dan seharusnya hukumnya adalah air zam-zam. Air zam-zam merupakan mukjizat yang dikasih terhadap Nabi Ismail. Anda mungkin sudah mengerti betul sejarahnya. Air ini diandalkan mempunyai banyak manfaat. Kecuali itu, disunahkan pula para jamaah haji untuk membawa pulang air zam-zam ini.

6597675432080165846.jpg

Oleh-oleh kedua yang juga seharusnya dibeli adalah buah kurma. Meskipun di Indonesia banyak sekali buah kurma, tentu berbeda dengan kurma absah dari Mekah, Arab. Memakan kurma sama saja Anda menjalankan sunnah rasul. Selain itu, kurma juga terbukti mempunyai kandungan nutrisi yang amat baik bagi kesehatan.

Oleh-oleh haji berikutnya yang tak boleh ketinggalan merupakan tasbih. Tasbih merupakan benda yang dipakai ketika berzikir. Tasbih ini tak memiliki harga yang terlalu mahal, sehingga layak diterapkan sebagai cendera mata untuk tetangga, sahabat maupun saudara. 

referensi:
https://grosirkurma.id/product-category/oleh-oleh-haji/
https://id.wikipedia.org/wiki/Cendera_mata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar