Selasa, 04 September 2018

Berapa Sebetulnya Biaya Umroh?

Jangan pernah mempercayai paket umroh murah yang mencantumkan biaya keberangkatan di bawah 18 juta – 20 juta, karena hal itu sangatlah tidak wajar dan benar-benar tak relevan. Hal serupa bahkan dinyatakan oleh beberapa pengusaha travel umroh Bukittinggi yang prihatin sebab adanya kasus penipuan calon jemaah umroh yang dijalankan oleh sebuah oknum travel perjalanan umroh baru-baru ini di kotanya. Hal-hal seperti inilah yang akan menghasilkan keresahan bagi masyarakat lebih-lebih terutama bagi umat muslim yang ingin menunaikan ibadah ke tanah suci. Kebodohan dalam paket umroh murah hakekatnya patut dinyatakan secara real terhadap calon jamaah agar masyarakat tidak tertipu lagi.

Kementerian Agama telah menetapkan minimal standar peserta yang rasional ialah per 1700 peserta dengan minimum tarif untuk sekali keberangkatan adalah antara 20 juta – 22 juta per orang. Dan karena kuota umroh bebas tak berbatas, karenanya peserta yang berangkat malah ke semuanya boleh berasal dari kiriman perusahaan travel umroh mana malah se-Indonesia, termasuk travel umroh Bukittinggi yang akhir-akhir ini areanya menjadi sorotan sebab munculnya paket umroh Rp. 14 juta per orang. 

6596907999464940740.jpg

Kalau dirincikan, dari beberapa info yang dihimpun, tiket pesawat Jakarta - Jeddah (PP) berkisar antara 12,8 juta sampai Rp. 15.250.000,-. Untuk hotel, harga paling standar merupakan 700 ribu hingga 800 ribu rupiah per orang untuk masing-masing di Madinah dan di Mekkah. Meskipun tarif makan, snack, dan air zam-zam selama di Madinah http://www.rizkiatour.co.id dan Mekkah berkisar 2 juta rupiah. 

Untuk sewa bis, handling, muthawif, supir, porter, dan bandara tax dikenakan tarif 1 juta rupiah. Pembimbing dan biaya manasik ditotalkan menjadi 1,7 juta rupiah. Dan biaya pembuatan visa dikenakan Rp. 790.000,-.

Travel umroh Bukittinggi lebih-lebih dan perusahaan travel umroh se-propinsi Sumatera Barat pada lazimnya sudah mempertimbangkan standar biaya admin travel berkisar 700 ribu rupiah hingga 1 juta rupiah. Ini dimaksudkan agar tidak memberatkan calon jemaah saat membayar ongkos umroh. Nah, dengan biaya segitu yang cukup murah, tentu calon Jemaah bisa mengerjakan ibadah dengan relative lebih mudah.

referensi:
http://www.rizkiatour.co.id
https://id.wikipedia.org/wiki/Umrah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar