Sabtu, 25 Agustus 2018

5 Struktur Lapisan Atmosfer Dunia

Tiap institusi pengajaran pasti mengajarkan materi Ilmu Pengetahuan Sosial. Dikala menginjak SMP, materi IPS ini terbagi lagi dalam beberapa klasifikasi, ialah Geografi dan Sejarah. Materi ini cukuplah rumit, apalagi materi yang terkait dengan struktur atmosfer. Atmosfer ini yakni lapisan udara yang terdapat di bumi. Ada 5 lapisan atmosfer yang semestinya dikenal. Pertama merupakan lapisan Troposfer, ialah dari permukaan tanah hingga sekitar 10 km di atas permukaan laut. Lapisan inilah yang dihuni oleh manusia.

6593518302767917790.jpg

Lapisan kedua merupakan Stratosfer, dimana lapisan ini memanjang dari ujung troposfer sampai 50 km di atas tanah. Di sinilah ditemukan lapisan ozon, yang mana molekul ozon ini mengabsorpsi sinar UV sang surya lalu merubah energy ini menjadi panas. Kian tinggi lapisan ini karenanya akan kian panas. Dengan demikian maka bisa disimpulkan bahwa udara pada lapisan ini tak mempunyai turbulensi. Lazimnya, pesawat jet akan melaju di bagian bawahnya, sebab bisa berjalan lebih mulus.

Lapisan ketiga adalah Mesosfer, merupakan berada di bagian tengah di ketinggian 60 hingga 80 km. Di lapisan ini temperatur seperti itu dingin sampai -100 derajat Celcius. Dan seandainya ada meteor jatuh dari angkasa dan melewati lapisan ini, karenanya akan pecah, karena meteor pada dasarnya sangatlah panas, lalu menghantam lapisan yang amat dingin. Selain itu, pada lapisan ini ditemukan awan sinar malam. Di materi Geografi akan dibeberkan lebih lengkap. 

Lapisan keempat yaitu lapisan Termosfer, merupakan lapisan kedua yang paling luar. Termosfer sangatlah unik, karena disebut juga dengan lapisan ionosfer. Pada lapisan ini ada gas yang terionisasi karena radiasi sang surya. Selain itu, gelombang yang diaplikasikan untuk komunikasi juga ada di lapisan ini. 

Lapisan kelima yaitu Eksosfer, yang merupakan lapisan atmosfer bumi terluar dan ada di luar angkasa. Kandungan yang banyak ditemukan di sini https://dosengeografi.com/ merupakan hydrogen. Kecuali itu, udara yang diperoleh bahkan sangatlah tipis, sehingga tak layak untuk disinggahi. Cahaya zodiacal juga ada di lapisan ini, dimana sinar ini sebenarnya berasal dari pantulan cahaya sang surya. Itulah lapisan atmosfer yang diajar dalam materi Geografi SMP.

referensi:
https://dosengeografi.com/
https://id.wikipedia.org/wiki/Geografi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar