Rabu, 25 Juli 2018

Teknik Ceramah Yang Lucu Serta Memikat

Ceramah yaitu salah satu bentuk public speaking atau berdiskusi di hadapan banyak orang. Padahal kelihatan gampang, tapi lazimnya orang yang baru akan menjalankan pidato merasa gugup dan kurang percaya diri. Malah untuk yang telah lazim menjadi penceramah, juga akan merasa gugup setiap akan menjalankan ceramah. Salah satu hal utama sebelum Anda berceramah ialah membuat materi pidato lucu dan menarik.

Hal pertama yang sepatutnya Anda lakukan yakni membikin materi ceramah yang menarik. Buatlah materi ceramah yang alami, gunakan bahasa dan kata-kata yang mudah dimengerti. Selain itu, seandainya Anda dipinta mengisi pidato untuk mengisi acara tertentu. Karenanya Anda perlu menyesuaikan isi ceramah dengan tema acara hal yang demikian. Misalnya, Anda mengisi di acara pernikahan maka tema pidato Anda seputar pernikahan.


Pada dikala Anda mulai menjalankan ceramah, sebaiknya Anda jangan terpaku pada teks pidato yang sudah diwujudkan. Misalnya Anda membuat slide untuk mengiringi pidato hal yang demikian, karenanya Anda cukup menayangkan nilai-poinnya saja lalu dijabarkan secara baik oleh Anda. Anda cukup menghapal isi teks pidato yang Anda buat, lalu sampaikan kembali dengan bahasa yang lebih komunikatif. Ceramah lucu juga akan lebih menarik dan tak membosankan.
Image result for Ceramah

Dikala Anda memberi tahu isi ceramah, sebaiknya jangan berdiri pada spot yang sama secara terus menerus. Usahakan untuk bergerak ke kiri, kanan, depan, dan belakang agar lebih menarik perhatian penonton. Namun hal yang perlu diingat adalah jangan mengerjakan gerakan secara berlebihan. Sebab, sekiranya Anda melaksanakan gerakan terlalu berlebihan maka penonton kurang fokus pada isi ceramah tapi pada gerakan yang Anda lakukan.

Jangan lupa untuk berinteraksi dengan audiens, agar para audiens tak merasa bosan dan lebih beratensi lagi kepada isi pidato Anda. Anda dapat mengajukan sebagian pertanyaan seperti berita, ataupun sebagian pertanyaan berkaitan isi ceramah Anda. selain itu, cobalah untuk membikin audiense ngakak dengan isi pidato lucu. Anda tak perlu memberikan kesan yang formil dalam berpidato, kesan tersebut justru akan membikin penonton bosan. Cobalah untuk sedikit menyelipkan humor, supaya penonton tertawa 

referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=e2vor5bHDMI
https://id.wikipedia.org/wiki/Khotbah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar