Kamis, 19 Juli 2018

Macam Puisi Modern Yang Mudah Dipahami

Puisi merupakan bentuk artikel yang kerap kali ditulis atau dibaca sebagai format curahan hati. Puisi dibedakan menjadi puisi lama dan puisi modern. Puisi lama memiliki sebagian regulasi pada masing-masing jenisnya. Sedangkan pengertian puisi modern tidak terikat regulasi-undang-undang seperti yang ada di puisi lama. Struktur puisi modern juga lebih bebas, baik dalam suku katanya, rimanya, dan juga jumlah barisnya.

6579206155948603850.jpg

Puisi modern terdiri dari 7 https://matabaca.net/ ragam, yaitu, ode, epigram, romance, elegi, satire, himne, dan balada. Ode merupakan puisi yang berisi ungkapan sanjungan atau pujaan terhadap orang-orang yang berjasa. Ode ini biasanya ditulis dengan nada yang agung dan tema yang serius. Ode berasal dari bahasa Yunani yang berarti nyanyian. Oleh karena itu ode banyak dilantunkan oleh masyarakat pencinta puisi sambil diiringi tarian-tarian dan lagu dalam paduan suara.

Epigram ialah macam puisi modern yang kedua. Pengertian puisi Epigram yakni puisi yang berisi perihal ajaran hidup atau tuntutan ke arah kebenaran. Kata epigram berasal dari bahasa Yunani ialah eprigamma yang berarti pedoman, model, bimbingan, atau ajakan untuk menjalankan hal -hal yang benar. Epigram termasuk puisi yang singkat, langsung, dan tertuju pada tujuan. Kosakata yang diterapkan juga cenderung berlebihan.

Tipe puisi modern berikutnya yakni romance. Romance merupakan puisi yang berisi tentang kisah-kisah percintaan. Romance lazimnya lahir dari perasaan yang dialami sendiri. Puisi romance juga dapat lahir dari pengamatan pengarang terhadap orang-orang sekitar, atau juga menurut curahan hati orang lain.

Elegi merupakan puisi baru yang berisi seputar ratap tangis atau kesedihan. Objek yang ditunjukkan dalam puisi elegi umumnya menurut pengalaman pahit yang pernah dialami, atau bisa juga berupa penyesalan yang dikerjakan di masa lalu.

Satire merupakan puisi yang saat ini banyak di buat oleh para pengarang. Puisi ini berisi tentang sindiran kepada penguasa atau orang yang punya jabatan. Selanjutnya himne merupakan puisi yang berisi puji-pujian terhadap Kuasa atau pujian untuk para pahlawan.

Puisi modern yang terakhir merupakan balada. Pengertian puisi balada yakni sebuah karangan pribadi, mitos, atau legenda yang diyakini kebenarannya oleh masyarakat.

referensi:
https://matabaca.net/

https://id.wikipedia.org/wiki/Majas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar