Kamis, 31 Mei 2018

Motif Batik Jumputan Inovasi Sketsa Batik

Kali ini Kita akan membahas mengenai batik jumputan. Dikala ini Kita banyak mengamati masyarakat yang tertarik dengan motif baru dari batik merupakan model jumputan. Banyak yang mengenakannya untuk seragam batik jumputan. Sebetulnya ini adalah motif yang mempunyai nama lain seperti ikat celup. Nama di ambil dari pengerjaan pembuatannya yang unik. 

Tidak seperti pada biasanya pembuatan batik, figur jumputan ini di buat dengan mengandalkan pengerjaan pencelupan bukan pembuatan motif memakai tulis atau cetak. Motif yang mulanya berasal dari negara Jepang ini di bawa oleh para pedagang yang masuk ke negara Indonesia. Kemudian karena warna dan teksturnya yang unik dan menarik perhatian membuat motif ini kian di kenal masyarakat Kita.

Motif batik jumputan sendiri di buat dengan memakai media batu atau koin yang di ikat dengan menerapkan tali atau karet. Kerja pengikatan bertujuan supaya agar aliran cat pewarna tak mewarnai bagian yang di ikat dengan pesat hal yang demikian. Di sebut juga batik ikat celup, batik yang kerap di gunakan sebagai seragam batik jumputan ini mulai banyak di gunakan untuk menjadi seragam dinas di kantor. 

Ada sebagian macam kiat yang bisa di lakukan agar agar proses pembuatan batik ini menciptakan produk yang baik dan layak harapan. Di antaranya merupakan pelaksanaan mengikat. Anda sebenarnya dapat memakai karet. Tapi sekarang banyak pengrajin batik yang memanfaatkan tali yang kuat agar agar dikala progres pewarnaan ikatan tak terlepas sehingga progres menjadi gagal. 

Selain itu pastikan untuk menyediakan cuka dan garam. Dua bahan ini betul-betul penting tersedia dalam cara kerja pembuatan batik ini karena mempunyai fungsi untuk memperkuat warna yang di milikinya. Selain itu dengan pengaplikasian garam dan cuka maka warna batik bahkan tidak akan mudah pudar padahal telah di cuci berulang kali. 

6561243452542282526.jpg

Dan yang terakhir merupakan proses lain dalam pembuatan motif. Sekarang sudah ada penemuan kreatif terbaru dalam pembuatan motif batik jumputan di mana dalam prosesnya memakai https://faisalbatik.com/seragam-batik-jumputan/ benang untuk menjahit kain yang akan di kasih motif sehingga dapat mengerut. Setelah itu barulah kemudian kain di warnai pantas keinginan. sebagian tips dalam pembuatan motif batik yang sering di gunakan untuk membikin seragam batik jumputan. 

referensi:
https://faisalbatik.com/seragam-batik-jumputan/

https://id.wikipedia.org/wiki/Seragam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar