Kamis, 31 Mei 2018

Ini Dia Makna Batik Motif Garuda

Batik motif Garuda merupakan ragam motif batik yang sekarang banyak di gunakan oleh para pria. Mungkin Anda pernah memandang seragam batik untuk dinas di kantor atau daerah dinas lainnya yang memiliki motif Garuda. Tentunya hal ini membikin Kita bertanya-tanya sesungguhnya apa makna dari motif Garuda pada seragam batik yang di pakai oleh para laki-laki tersebut?

Sebelum Kita membahas maknanya akan lebih bagus jika Kita membahas seputar seperti apakah burung Garuda itu. Burung Garuda adalah sejenis burung dengan ukuran yang besar yang gampang di kenali wujudnya. Burung ini di Indonesia menjadi lambang negara Kita.

Adapun mengenai makna dari penggunaan batik motif Garuda yaitu lambang kejantanan. Burung Garuda yang gagah dan berwibawa menunjukkan pemakainya yang mempunyai sifat gentle dan bertanggung jawab terlebih sebab kedudukannya sebagai seorang laki-laki. Karenanya dari itu dapat Anda lihat motif Garuda banyak di pakai oleh para laki-laki lebih-lebih yang mempunyai tugas sebagai pihak keamanan suatu tempat.

Makna yang kedua yaitu di mana lambang Garuda menampilkan lambang matahari. Di mana matahari merupakan sumber kehidupan maka di harapkan Garuda dapat terus menyinari kehidupan masyarakat yang percaya akan makna dari burung Garuda ini. Untuk masyarakat tempat tertentu malahan percaya seandainya burung Garuda ialah burung yang suci dan seharusnya di jaga dengan baik. 

6561241987366223888.jpg

Dan lambang yang terakhir yakni di mana burung Garuda menjadi lambang kedudukan yang tinggi. Mereka yang menggunakan batik dengan motif burung Garuda bukanlah variasi orang sembarangan. Sedangkan saat ini ada banyak sekali batik dengan motif burung Garuda tetapi pastinya cuma ada satu ragam motif Garuda yang eksklusif dan hanya di pakai oleh orang-orang penting saja. 

Itulah sebagian makna penting yang tersembunyi dari motif batik ini. Makna ini malahan tak di kenal semua pemakainya karena kurangnya informasi mengenai hal hal yang demikian. Tetapi tentunya ada banyak batik motif garuda makna lain yang tersembunyi dari penggunaan motif Garuda dalam sebuah batik terlebih yang banyak di gunakan oleh orang penting atau berkedudukan tinggi. Itulah sekilas kabar mengenai makna dari batik motif Garuda.

referensi:
https://faisalbatik.com/batik-motif-garuda/

https://id.wikipedia.org/wiki/Batik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar