Jumat, 25 Mei 2018

Function Generator, Pengukur Elektronik Canggih

Function Generator ini merupakan alat pengukur elektronik yang dapat membangkitkan atau menciptakan gelombang yang berbentuk pulse, segi empat, ramp, segitiga dan sinus. Kita tak perlu susah-susah mencari alat ini, karena tak terlalu sedikit toko yang Jual Function Generator. 

Function generator atau generator fungsi dapat diistilahkan juga instrumen yang memberi alternatif gelombang dengan beberapa wujud yang frekuensi-frekuensinya bisa dikuasai sepanjang range atau inti sari yang lebar. Frekuensi beraneka bentuk gelombang hal yang demikian dapat dikuasai mulai dari satu hertz sampai ratusan kilohertz (kHz) dan malahan dapat hingga megahertz (MHz). Function generator ini terdiri atas generator utama serta generator modulasi. 

Bagian Generator Utama pada alat ini menyediakan output gelombang segitiga, sinus atau kotak dengan inti sari frekuensi 0,01Hz hingga 13MHz. Padahal Generator modulasi menyediakan atau menciptakan gelombang bentuk segitiga, kotak atau sinus dengan resume frekuensi 0,01Hz sampai 10kHz. Format-bentuk gelombang yang umumnya dipakai pada generator yang tersedia pada warung yang Jual Function Generator ialah gelombang sinusoida, persegi, segitiga, dan juga gigi gergaji. Generator input sinyal dapat diterapkan sebagai AM (Amplitudo Modulation) atau FM (Frequensi Modulation). 

6558795222390387572.jpg

Generator fungsi ini juga yaitu bagian dari alat pengujian elektronik yang dipakai atau diterapkan untuk dapat menghasilkan gelombang elektrik. Gelombang elektrik ini bisa dilaksanakan satu kali atau berulang-ulang. Dalam kasus yang ini, sumber pemicu akan dibutuhkan, secara eksternal maupun internal. Ragam lainnya dari function generator yakni sub-sistem yang dapat menyediakan output yang sebanding kepada input function matematika. Sebagai figur, output dengan wujud kesebandingan dengan input fungsi akar kuadrat. Alat yang seperti itu dipakai dalam metode yang mengatur umpan dan juga komputer analog.

6558795231133619714.jpg

Function generator analog pada http://canelectronic.com umumnya menjadikan format gelombang segitiga yang sebagai dasar gelombang dari segala output. Segitiga hal yang demikian diwujudkan dari kapasitor yang dilepas dan dimuat secara berulang-ulang kali dari sumber arus yang konstan. Tidak hal yang demikian menghasilkan voltase ramp yang menurun dan menanjak secara linier. terlalu sulit mendapatkan alat ini pada toko yang Jual Function Generator, sebab alat ini cukup lazim dipakai.

referensi:
http://canelectronic.com
https://id.wikipedia.org/wiki/Elektronik_konsumen

1 komentar: