Kamis, 12 April 2018

Kegunaan Luar Biasa Daun Pegagan

Centella Asiatica atau yang lebih dikenal sebagai daun pegagan yakni tanaman merambat yang mempunyai batang kecil dan daun berwarna hijau berbentuk hampir bulat. Tanaman ini hidup banyak ditemukan di wilayah Asia yang kebanyakan negaranya mempunyai iklim tropis, salah satunya Indonesia. Pegagan dapat ditemukan di Indonesia. Tempat yang tak jarang ditumbuhi oleh tumbuhan ini adalah tempat yang dekat dengan perairan seperti di dekat sungai maupun di persawahan. Daun pegagan kadang-kadang dipakai untuk hiasan pada makanan ataupun dikonsumsi sebagai lalaban seperti paterseli atau selada air sebab memang daun ini tidak mempunyai rasa. Daun pegagan juga sudah https://daunpegagan.caramenghilangkanjerawatdanbekasnya.net/ rupanya mempunyai pelbagai manfaat penting untuk kesehatan.

Telah ada banyak penelitian yang menandakan bahwa daun pegagan memang mampu diterapkan untuk kesehatan manusia. Sebagian studi dan penelitian telah menandakan bahwa daun pegagan memiliki banyak kandungan yang sangat berkhasiat untuk kesehatan manusia ataupun untuk melawan berbagai macam penyakit. Beberapa kandungan penting di dalam pegagan antara lain antioksidan, kalsium, fosfor, potassium, beta carotene, asam askorbat, asam asiatik, tiamin, riboflavin dan lain sebagainya. Mempunyai kandungan yang betul-betul berguna untuk kesehatan, di sebagian Negara yang juga terdapat daun pegagan, memanfaatkan tanaman ini dalam bentuk teh agar bisa dikonsumsi dengan gampang. Negara lainnya juga ada yang memanfaatkan tanaman ini sebagai bahan dasar pembuatan bermacam produk kecantikan, obat penenang, obat luka bakar, pun obat untuk mengobati bermacam ragam penyakit berbahaya seperti pencegahan penyakit hati dan pencegahan kanker.



Tak hanya hingga di situ, pegagan juga dimanfaatkan untuk meningkatkan kecerdasan dan kesehatan pada otak. Sebab mempunyai kandungan antioksidan yang cukup tinggi, daun pegagan berguna untuk melancarkan peredaran darah, nutrisi, serta mengurangi risiko kerusakan pada sel-sel otak yang mungkin bisa terjadi. Sebuah penelitian juga menceritakan bahwa kandungan senyawa asiaticosida yang ada pada daun pegagan bermanfaat untuk menurunkan tingkat kecemasan, rasa gelisah maupun stres yang kemudian menjadikan penderita lebih aktif, komunikatif sebab tingkat kecemasan, kegelisahan dan stres yang dinikmati sebelumnya sudah menurun.

referensi:
https://daunpegagan.caramenghilangkanjerawatdanbekasnya.net/
https://id.wikipedia.org/wiki/Pegagan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar