Minggu, 01 April 2018

Fungsi Jurnal Umum Untuk Perusahaan Jasa

Apakah Anda mengenal maksud dari jurnal biasa dalam akuntansi? Ini merupakan jurnal yang dipakai sebagai daerah untuk mengerjakan catatan semua bukti transaksi berupa keuangan yang ada karena terjadinya bermacam-variasi transaksi yang dijalankan oleh sebuah perusahaan pada jangka waktu tertentu. Segala transaksi terutamanya dalam perusahaan bidang jasa dapat dicatat dengan kronologis dan sistematis, sehingga jurnal ini dipakai oleh perusahaan di bidang jasa. Sementara jurnal khusus lebih dibutuhkan dalam perusahaan dagang. Penjurnalan atau pembuatan jurnal ini mempunyai tujuan yakni untuk melaksanakan pengevaluasian, identifikasi, dan pencatatan imbas ekonomi sebuah transaksi yang ada di dalam perusahaan. Hal ini mempunyai tujuan untuk memudahkan proses pada pemindahan akibat pada transaksi ke dalam akun yang pantas dengan transaksi. 



Pada dasarnya, jurnal umum ini memiliki lima fungsi yang betul-betul penting bagi perusahaan di bidang jasa. Lima dari fungsi-fungsi itu merupakan sebagai berikut. Pertama, fungsi historis, merupakan pencatatan untuk tiap transaksi dilakukan sesuai dengan tanggal terjadinya transaksi hal yang demikian. Ini melukiskan mengenai kesibukan perusahaan secara terus menerus. Jurnal ini dilakukan dengan kronologis dan layak historis. Kedua, fungsi pencatatan, yaitu fungsi pencatatan, ialah jurnal jurnal umum akuntansi yang digunakan untuk mencatat segala transaksi pada perusahaan, termasuk meliputi modal, biaya, kekayaan, dan pendapatan. Karena dengan demikian laporan keuangan dapat komplit dijalankan. Ketiga, fungsi analisis, adalah terdapat hasil analisa mengenai transaksi berupa debit dan kredit akun yang termakan. dianalisis yaitu mengenai kelompok nama akun, serta pencatatan pada pendebitan dan atau pengkreditan terlampir jumlahnya. Keempat, merupakan fungsi perintah, merupakan perintah untuk mencicil maupun mendebit akun menurut dengan catatan yang ada di jurnal. Pencatatan ini tak cuma sebatas dokumen tentang transaksi, melainkan juga bersifat instruktif. Kelima ialah fungsi informatif, merupakan memberikan penjelasan akan bukti pencatatan mengenai transaksi.

Itulah sebagian fungsi dari jurnal awam yang perlu diketahui. Untuk mengolah ini bisa menggunakan software khusus, sehingga lebih mudah. Masih banyak hal yang perlu diketahui mengenai hal ini, sebab bagi perusahaan jasa jurnal ini sangatlah penting. Dengan demikian, perlu belajar banyak mengenai jurnal ini.

referensi:
https://catatanlogi.com/jurnal-umum-akuntansi/
https://id.wikipedia.org/wiki/Pajak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar