Sabtu, 24 Maret 2018

Trik Mulus Perawatan Murai Batu

Murai merupakan salah satu burung yang mempunyai kicauan yang benar-benar bagus dan menarik, sehingga cukup banyak orang yang berminat untuk memeliharanya. Kicauan yang merdu ini tentunya tidak pernah lepas dari cara perawatan yang bagus dan benar. Berikut ini yakni sistem untuk merawat burung murai batu yang perlu Anda ketahui. Angin-anginkanlah burung dengan menggantung selama sekitar 30 menit sebelum burung itu dimandikan, supaya burung bisa beradaptasi lebih dulu. Untuk memandikannya, Anda dapat menerapkan keramba atau semprotan, Anda dapat menyesuaikan dengan kultur. Kalau telah dimandikan, maka jemurlah burung tersebut selama 1 hingga 2 jam. Dikala dijemur, alangkah baiknya tidak perlu mendekatkan burung yang lainnya, termasuk mendengar dan melihat burung yang lain. Anda bisa memisahkannya di lain tempat supaya burung lebih nyaman. Kandang harus dibersihkan dengan rutin, cucilah dengan air yang mengalir.

Untuk perawatan murai batu dari sisi pakan, maka Anda sepatutnya memberikan pakan fur yang baru serta jangan lupa untuk mengganti air minum dengan yang baru juga. Anda dapat memberikan ekstra food yakni berupa jangkrik untuk burung Anda. Taruhlah jangkrik pada wadah dan jangan memberikannya secara lantas. Saat makan, burung ini juga perlu untuk diangin-anginkan selama sekitar 15 menit. Apabila Anda akan melaksanakan mastering, lebih bagus perawatan murai batu kandang dikasih kerodong. Pemasteran ini dilakukan dari sekitar jam 10 pagi sampai jam 3 petang. Saat sore hari di jam 4 petang, Anda perlu memberikan extra food cukup 2 jangkrik saja sambil dianginkan di selasar rumah. Bila cuaca mendung, karenanya bisa dianginkan lagi. Saat jam 6 sore, Anda perlu mengerudungi sambil melakukan pemasteran hingga pagi hari. Berikan kroto sebanyak dua kali seminggu dengan porsi makan yang berbeda-beda untuk tiap burung, sesuaikan dengan tipenya.



Sistem perawatan murai batu untuk masalah pakannya, Anda juga dapat memberikan cacing dalam waktu sekali saja dalam seminggu. Dan pemberian cacing ini cukup satu ekor saja. Jangan lupa untuk memberikan multivitamin dengan mencampurnya dengan air minum sebanyak 3 kali dalam seminggu guna menjaga kesehatan burung tersebut. Anda juga dapat memindahkan burung ke dalam sangkar umbaran empat kali seminggu dengan durasi 3 atau 4 jam. Lakukan langkah tersebut secara rutin, sehingga burung Anda berkualitas unggul.

referensi:
https://www.kicaucicicuit.com/
https://id.wikipedia.org/wiki/Batu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar