Senin, 22 Januari 2018

Rancangan Pada Hari Besar Saraswati

Di Bali ada hari raya Saraswati yang ialah hari turunnya ilmu pengetahuan yang akan dilambangkan dengan wanita yang indah atau Dewi Saraswati. Hampir di seluruh sekolah di Bali akan melaksanakan kegiatan sembahyang pada hari raya hal yang demikian. Di pulau Bali memang amat familiar dengan budaya dan tamasya alamnya sehingga banyak wisatawan yang berkunjung kesana. Ada banyak sekali upacara-upacara yang dijalankan oleh masyarakat Hindu sehingga menjadi tenaga tarik bagi warga luar Bali termasuk wisatawan luar negeri. Pada ketika hari raya hal yang demikian umat Hindu akan melakukan sebagian kegiatan dan dilakukan secara bersama-sama. Kegiatan yang dilaksanakan mulai dari pagi hari hingga petang hari.

6513725936740793450.jpg

Kesibukan yang dikerjakan pada hari raya Saraswati di pagi hari merupakan dimulai dengan upacara upanayaman yang dikerjakan oleh siswa TK dan SD. Upacara pada pagi hari amat diinginkan menerima anugrah dari Dewi Saraswati karena pada pagi hari pikiran masih bening. Masyarakat yang mencontoh upacara hal yang demikian diharapkan akan mendapatkan anugrah berupa ilmu pengetahuan baru. Kemudian pada malam harinya akan dilangsungkan kesibukan yang bertujuan untuk membahas mengenai ajaran agama Hindu. Aktivitas ini diisi oleh segala umat beragama Hindu dan menjadi momen yang sangat berharga bagi mereka. Pada kesibukan ini masyarakat akan membahas ajaran Hindu untuk mengoptimalkan dan juga mempertahankan ajarannya hal yang demikian dengan baik.

6513725944234247388.jpg

Kesibukan yang dilakukan pada malam hari https://infohindu.com/hari-raya-saraswati/ tersebut disebut sebagai kesibukan malam sastran. Nah, kemudian pada keesokan harinya segala umat Hindu akan menjalankan yang namanya Banyu Pinaruh. Banyu Pinaruh mempunyai arti air dan juga pengaweruh yang memiliki arti pengetahuan. Dengan melaksanakan Banyu Pinaruh ini dapat diinginkan masyarakat Hindu dapat memiliki sifat sejati. Untuk perayaannya akan dilakukan tiap-tiap 210 hari sekali yang memiliki makna sebagai haru lahirnya ilmu pengetahuan untuk masyarakat. Karena masyarakat betul-betul membutuhkan ilmu sehingga hari raya hal yang demikian sangat bermakna bagi yang merayakannya. Pengetahuan bisa meringankan kehidupan dan juga dapat berguna bagi kehidupan sehari-hari. Nah, itulah aktivitas yang dijalankan pada hari raya Saraswati.


referensi:
https://infohindu.com/hari-raya-saraswati/
https://id.wikipedia.org/wiki/Saraswati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar