Senin, 22 Januari 2018

Makna Hari Besar Nyepi

Hari raya nyepi yaitu hari raya bagi umat Hindu yang akan dirayakan pada setiap tahun baru saka. Umat Hindu benar-benar antusias untuk menyambut hari raya hal yang demikian sebab ada https://infohindu.com/hari-raya-nyepi/ beberapa kegiatan sakral yang akan dikerjakan. Ada serangkaian kesibukan yang dilakukan sebelum dan setelah nyepi. Hari raya ini juga yaitu hari pergantian tahun saka atau isakawarsa yang akan dirayakan setahun sekali. Nyepi mempunyai makna yang betul-betul mendalam bagi umatnya sebab pada hari raya tersebut umat Hindu akan memohon terhadap Tuhan dan akan menyucikan manusia dan alam seisinya. Masyarakat Hindu akan menunggu datangnya hari raya hal yang demikian sebab hanya datang setahun sekali.

Makna hari raya nyepi itu sendiri berarti ialah sepi ataupun sunyi yang dirayakan pada setiap 1 tahun saka. Pada saat nyepi masyarakat tak boleh melakukan bermacam kegiatan seperti yang umum dilaksanakannya. Aktivitas yang tidak boleh dikerjakan pada dikala nyepi antara lain keluar dari rumah, menyalakan listrik, bekerja dan kesibukan-aktivitas lainnya yang sering dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi jikalau sakit boleh pergi keluar rumah untuk berkunjung ke rumah sakit untuk berobat. Tujuan melakukan aktivitas tersebut merupakan untuk mewujudkan suasana yang sepi dari kegiatan termasuk untuk menahan nafsu sehingga manusia dan juga alam menjadi suci kembali. Sebelum nyepi umumnya akan dijalankan kegiatan upacara.

Upacara tersebut tujuannya ialah untuk menyucikan manusia atau buana alit dan alam atau buana agung supaya lancar sebagaimana mestinya. Nah, di Bali upacara yang akan dilakukan antara lain ialah upacara Melasti, Mecaru, dan juga pengerupukan. Setelah upacara hal yang demikian dikerjakan karenanya akan melakukan nyepi dimana masyarakat tidak akan berkesibukan di luar rumah. Sesudah itu, ada upacara ngembak geni yang dilakukan satu hari sesudah nyepi. Kesibukan yang dilaksanakan upacara ngembak geni yaitu dengan metode mengunjungi tetangga, keluarga untuk saling memberi maaf satu sama lain. Dengan dilakukannya upacara tersebut maka masyarakat dapat senantiasa tenteram dan hidup rukun. Nah, demikianlah penjelasan mengenai makna hari raya nyepi yang mesti Anda tahu.


referensi:
https://infohindu.com/hari-raya-nyepi/
https://id.wikipedia.org/wiki/Nyepi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar