Sabtu, 23 Desember 2017

Benih Durian Pandai Jadi dengan Ini

Butuh waktu untuk merasakan pohon duren kita hingga berbuah. Ini bukanlah suatu rahasia lagi di masyarakat. Ya, adakalanya kita membeli benih durian lalu menanamnya. Tetapi, tak ada jaminan bahwa bibit tersebut akan segera tumbuh dan berbuah. Kongkritnya, kita sepatutnya menunggu hingga bertahun-tahun hingga pohon hal yang demikian bisa berbuah. Dalam hal ini, lazimnya dibutuhkan waktu sekitar 10 tahun untuk durian kita tumbuh sampai berbuah. Wah, bukan waktu yang sebentar, bukan? Tetapi, ada sebagian tips yang dapat kita ikuti lho untuk membuat durian kita kencang berbuah. Penasaran bagaimana caranya, simak terus informasi berikut ini!
Image result for durian


Dalam tips kali ini, disebutkan bahwa benih buah durian tersebut bisa cepat berbuah hingga mungkin kita cuma butuh waktu tiga tahun saja untuk pohon duren kita berbuah. Disini, kita akan mengaplikasikan sistem yang disebut sebagai sambung pucuk bibit buah duren. Pertama, belilah buah duren dengan ukuran besar yang telah masak. Ambil biji dari buah durian hal yang demikian untuk kita jadikan sebagai benih tanaman durian. Semaikan biji hal yang demikian dengan menggunakan polybag. Kedua, siapkan polybag serta media tanam adalah tanah yang ditambahkan trichokompos bibit durian dengan 1:1 perbandingannya. Semai biji tersebut dalam polybag kemudian siram biji hal yang demikian dengan larutan yang terdiri dari ZPT organic, trichoderma dan air. Tunggu selama 15-20 hari baru bibit tersebut bisa kita tindak lanjuti dengan sambung pucuk.


Berikutnya, pangkas bibit yang sudah mulai tumbuh hal yang demikian. Belah pada komponen tengah batang dengan hati-hati. Gunakanlah pisau atau cutter yang tajam untuk membelah batang tersebut. Buat belahan sedalam 2cm. Pastikan apabila Anda cuma membelah satu kali saja, tidak berulang kali. Kemudian, carilah pohon durian yang sebelumnya telah berbuah. Ambil pucuk dari dahan pohon hal yang demikian. Lancipkan komponen bawah pucuk hal yang demikian dengan mencontoh belahan batang yang kita buat pada bibit durian sebelumnya. Lalu, buang segala daun yang ada dan tancapkan pucuk tersebut ke belahan batang tadi. Ikat dengan memakai tali plastik serta balut dengan memakai plastik es supaya permukaannya tersambung total. Apabila terlalu ribet, cari saja mereka yang jual bibit duren yang kencang berbuah. Sekian.


referensi:
https://bibitonline.com/kategori/benih-bibit-tanaman/tanaman-buah/durian
https://id.wikipedia.org/wiki/Durian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar