Kamis, 30 November 2017

Penjelasan Resistor dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Resistor ialah sebuah bagian dasar elektro yang berfungsi untuk mengatur arus listrik yang mengalir di suatu rangkaian. Seperti namanya, resistor ini mempunyai sifat resistif. Bahan yang diaplikasikan untuk membikin resistor pada biasanya yakni bahan karbon. Satuan untuk mengukur resistansi pada sebuah resistor disebut dengan Ohm. Lambangnya yakni simbol Omega. Menurut undang-undang Ohm, Resistansi ini berbanding terbalik dengan jumlah arus listrik yang melaluinya. Jadi, untuk menyatakan suatu resistansi, semestinya disertakan juga batas kemampuan tenaganya. Dalam elektronika, resistor ini juga terbagi-bagi dalam beberapa tipe cocok dengan material pembuatannya. Untuk lebih mudah dalam pengerjaan pembelajaran, Resistor digolongankan menjadi resistor karbon, resistor film, dan resistor kawat.



Jenis jenis resistor menurut material pembuatannya dibagi menjadi 3, seperti yang sudah diceritakan di atas. Resistor karbon merupakan sebuah resistor yang diciptakan dari bahan karbon campuran atau grafit yang dibungkus dengan isolasi. Variasi resistor ini termasuk resistor rendah yang mempunyak induktansi yang rendah. Lalu, resistor film lazimnya terbuat dari bahan logam murni seperti nikel atau film oxide. Terakhir, resistor kawat yakni resistor yang dijadikan dengan melilitkan semacam kawat ke dalam keramik dan membungkusnya dengan isoator. Bentuk Pengertian Resistor jasmani dari resistor tetap ini pelbagai-tipe dengan ukuran yang cukup besar. Pengertian resistor dan ragam-jenisnya memang amat kompleks. Anda harus mempelajarinya satu demi satu supaya lebih mengerti.



Tiga jenis resistor yang disebutkan di atas termasuk ke dalam resistor tetap yang dibedakan menurut material pembuatannya. Ada juga tipe resistor tidak konsisten. Pengertian resistor tidak tetap merupakan resistor dengan poin resistansi yang dapat diubah-ubah layak dengan yang dibutuhkan. Resistor tak tetap ini dibagi lagi menjadi tiga, yaitu potensiometer, rheostat, dan preset resistor atau trimpot. Dari ketiga jenis resistor tak tetap, yang namanya tidak asing adalah potensiometer. Pada dasarnya, pengertian ketiganya hampir sama sebagaimana Anda memahami potensiometer. Demikian ialah kabar mengenai resistor dan macam-jenisnya. Agar lebih paham, sebaiknya pelajari juga hukum ohm dalam ilmu fisika atau elektronika.

referensi:
http://panduanteknisi.com/pengertian-resistor-fungsi-dan-jenis-jenis-nya.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Resistor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar