Kamis, 30 November 2017

Manfaat Dioda dan Cara Kerjanya

Dioda yakni sebuah komponen fisika atau elektronika yang terbagi menjadi dua kutub. Fungsi dioda secara Cara kerja dioda sederhana dapat diistilahkan sebagai penyearah arus. Komponen ini disusun dari gabungan dua semikonduktor yang pada masing-masing konduktornya diberikan penambahan material yang berbeda. Keduanya juga dikasih tambahan matrial konduktor untuk dapat mengalirkan listrik. Sementara untuk struktur utamanya, dua kutub elektroda itu terbuat dari bahan konduktor yang masing-masing kutub terhubung juga dengan semikonduktor silikon p dan silikon n. Yang terhubung dengan silikon p disebut anoda. Sementara yang terhubung dengan silikon n disebut katoda.

6494150471010469844.jpg

Cara kerja dioda secara sederhana dapat ditunjukkan ke dalam tiga keadaan, yakni unbiased (keadaan tanpa tegangan), forward biased (kondisi diberikan tegangan), dan reserve biased (keadaan tegangan negatif). Situasi tanpa tegangan akan menyusun suatu batasan medan listrik di tempat P N juction. Hal ini dapat terjadi bermula dari cara kerja difusi, yaitu perpindahan muatan elektron dari n ke p. Ion positif akan terbentuk di sisi n dan ion negatif akan mengisi sisi P. Ion yang tidak bergerak ini kemudian akan menjadikan medan listrik statis. Kemudian cara kerja fordward bias memerlukan tegangan listrik. Katub anoda akan disambungkan ke terminal listrik positif dan bagian katoda akan disambungkan ke terminal listrik negatif. Dengan demikian, arus listrik bisa mengalir via dioda. Fungsi dioda sebagai bagian penyearah arus dapat terjadi pada keadaan fordward bias.

6494130116527648472.jpg

Terakhir, sistem kerja dengan keadaan tegangan negatif. Mudahnya, kondisi ini nantinya akan menjadikan rangkaian dioda terbuka. Tiga situasi di atas akan mempengaruhi metode kerja dari dioda. Lalu, dioda ini juga mempunyai banyak variasi yang dibedakan menurut fungsinya. Ada PN Junction Diode, Light Emitting Diode, Laser Diode, dan masih banyak lagi jenisnya. Belajar hal-hal mengenai dioda tidak cukup cuma fungsinya saja. Fungsi dioda cuma beberapa kecil dari rangkaian materi dioda. Agar lebih jelas dan lebih paham lagi, silahkan pelajari rangkaian dioda secara perlahan. Demikian adalah informasi simpel berkaitan dioda dan sistem kerjanya.


referensi:
http://panduanteknisi.com/fungsi-dioda-dan-cara-kerja-pada-rangkaian-elektronika.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Diode

Tidak ada komentar:

Posting Komentar