Selasa, 12 September 2017

Tips Resep Cake Kukus Lapis Coklat Gampang

Tidak ada yang lebih klop untuk dikolaborasi kecuali coklat serta keju. Mencicip manis, asin dan gurihnya merupakan persesuaian yang super pas di dalam sepotong cake lapis luak yang sosial. Hmm.. Rumus ini telah lama saya incar hanya saja baru tadinya malam aku berkesempatan dalam membuatnya. Kaum hari tersebut kondisi instansi saya benar-benar cukup hectic karena relokasi kantor induk dari kawasan Kuningan di samping Pasar modern Ambasador. Yup, tepat! Aku pindah ke area termacet yang dihindari oleh kental semua warga Jakarta. Dua kali hari Sabtu berturut-turut aku habiskan pada kantor membuat saya bukan sempat dalam menyalurkan pikiran memasak, keinginan menggebu tapi apa kecakapan tenaga tak ada. Namun tadi malam, dalam kekuatan untuk merilekskan diri, oleh karena itu sayapun merampungkan waktu berkutak-kutik di di balik dan hasilnya tidak menjengkelkan saudara-saudara.



Sebagaimana cake Resepi Kek Mudah dan Ringkas kukus lainnya, cake ini sosial, halus, legit dan mengecap manisnya ternetralisir oleh asinnya keju sehingga tidak menciptakan cepat eneg. Tampilannya pula biar menjadi mirip-mirip seperti leretan Surabaya akur hanya saja beserta biaya yang lebih murah.

Cara memproduksi:

Siapkan loyang, saya memakai loyang persegi panjang ukuran kira-kira 23 x 10 x 8 cm. Olesi dengan mentega hingga peras dan taburi dengan tepung pada permukaanya. Sisihkan.

Siapkan mangkuk mikser, masukkan telur, gula ramal dan starkis, kocok secara speed nista agar terpadu kemudian naikkan menjadi kecepatan tinggi dan kocok hingga mengembang & kental (ribbon stage). Matikan mikser.

Masukkan tepung terigu dan tepung maizena, aduk menggunakan spatula dengan sistem aduk pulih sehingga terpadu rata. Lakukan perlahan & hati-hati dan jangan over mixing.

Masukkan bahan I ke dalam panci yuwana atau mangkuk alumunium, letakkan panci/mangkuk lebih dari panci/pan pesek yang diisi dengan tirta, kita hendak melelehkan coklat dan margarine dengan cara di kru. Panaskan kuali besi, aduk-aduk coklat dan margarine selama dipanaskan, jika air telah marah, matikan aja api tunggang dan teruskan mengaduk sampai semua bakal leleh. Dinginkan sebentar.

Bagi adonan cake menjadi 2 bagian, biarkan 1/2 sesi di dalam mangkuk mikser & tuangkan 1/2 bagian yang lain di mangkuk berisi coklat tim. Kacau adonan cake dan coklat hingga peras.

Cairkan margarine (bahan II) di kuali besi kecil lainnya, panaskan sekilas saja jangan sampai margarine pecah (terpisah antara minyak dan material dasarnya), cucurkan margarine cair ke 1/2 bagian cake yang masih ada pada mangkuk mikser. Tambahkan keju parut dan aduk rata. Margarine larutan suka mengendap di rendah adonan soalnya itu pastikan agar spatula menyentuh pada dasar wadah saat mengaduknya.

Siapkan kukusan, beri tirta agak tidak sedikit dan panaskan hingga berbuih. Tuangkan adonan keju ke loyang yang telah disiapkan, masukkan loyang ke dalam kukusan. Tutup segi kukusan beserta kain habis yang menyerap air. Tutup rapat. Masak cake sepanjang 20 menit dengan obor sedang, hingga matang. Berikan dari kukusan.

Menggunakan gelas yang diolesi dengan mentega, ratakan permukaan cake susunan keju majalah diatasnya, kemudian tuangkan luluhan coklat ratakan. Cek apakah air di dalam dandang kukusan masih pas, jika kurang tambahkan lagi dan panaskan lebih dulu sebelum digunakan untuk mengukus cake.

Masukkan loyang dalam kukusan, tudung permukaan kukusan dengan matras bersih, tudung rapat. Luak kembali cake selama 20 menit. Berikan dan dinginkan sebentar sebelum cake dibalik untuk dikeluarkan dari loyang. Jika cake terlalu sesuai, sisiri tepi loyang dengan pisau agar mudah dalam dilepaskan.

Balikkan cake di piring papat, potong-potong serasi selera serta cake kelar disajikan.

referensi:
http://resepikek.net/
https://id.wikipedia.org/wiki/Nasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar