Rabu, 21 Juni 2017

Manfaat Blog dibidang Pendidikan yang Amat Penting

blogku Sebelumnya saya sendiri tidak sempat mendapatkan wasiat harus punya blog saat kuliah lepas. Tapi waktu ini adik-adik tingkat saya ternyata harus mempunyai blog lo untuk pacar kuliah Menulis. Soalnya kemarin saya dimintai sama tersebut komentar di blognya. Tapi saya sendiri tidak mengetahui apakah mereka akan benar-benar menggunakan blog tersebut lalu kedepannya. Harapannya sih tetap mereka manfaatkan.



Jadi tadinya manfaat blog sendiri dibidang pendidikan ini apa?

Kurang lebih kali saya pernah membaca tentang manfaat menulis. Cantik secara daring atau luring. Nah ngeblog kan mayoritas menulis isinya. Meskipun tidak jarang orang-orang ngeblog isinya hanya foto atau video bahkan seharga suara. Tetapi tetap tak bisa dipisahkan dari kesabaran menulis, setidaknya menuliskan perkara foto, video, atau taklimat yang diposting di blog.

Ini dia manfaat blog versi Tips dan Trik Media Online untuk dunia pendidikan.

Terapi

Belajar tentunya menjadi kesabaran yang mampu memicu stress jika tidak diselingi dengan hal-hal yang lain. Nah bila belajarnya melalui blog, takut-takut mengurangi tingkat stress tersebut dan menyalut juga bisa jadi terapi terganggu absurd. Membuat stress hilang dan ingatan maka lebih teliti. Pernah membaca kan kalo menulis ini bisa memadamkan kepikunan?

Ajang Bertukar Informasi

Dengan blog, setiap orang2 dengan gampang bertukar informasi antara mono dengan yang lainnya. Maka itu informasi yang didapatkan pun lebih banyak disamakan dengan berdiskusi secara sinambung di dalam kelompok-kelompok belajar. Informasi yang diperoleh juga tidak hanya atas teman-teman sekelas tapi juga dari kelas lain, apalagi dari maktab yang lain. Tersebut jika blog memang diterapkan di semua sekolah pada Indonesia.



Mengenali Karakter Siswa/Mahasiswa dan Tenaga Pendidik

Atas tulisan seseorang sebenarnya kita bisa mengetahui karakter seseorang. Kalau di setiap siswa/mahasiswa memiliki blog tempat menampung gagasannya, guru ataupun dosen tentunya bisa memahami karakter bujang didiknya. Begitu juga dengan siswa/mahasiswa sendiri dapat mengenali watak guru alias dosennya. Meskipun tak sesudah-sudahnya, setidaknya terdapat beberapa hal yang takut-takut Tomi tidak sepertinya bisa kita ketahui pada kelas ketika proses pembelajaran terjadi.

Mendekatkan Pendidik dan anak didik

Blog bisa sebagai ajang bertemunya tenaga tutor dan murid di pendatang jam mencari ilmu. Kalau dalam bertemu satu per satu siswa dengan langsung pada luar kualitas selain tidak memungkinkan, bisa jadi akan menimbulkan hal-hal yang kurang menenteramkan. Lain cerita kalau bertemunya di blog. Lebih bebas mengeluarkan gagasan dan menurut pendapat orang lain. Bisa jadi banyak siswa/mahasiswa yang mempunyai pendapat tetapi tak tersalurkan di kelas. Blog hendak menjadi pelindung yang tepat untuk itu. Kedekatan mampu terbangun dengan sendirinya & lebih supel.

Masih tidak sedikit lagi manfaat blog dibidang pendidikan yang bisa jadi melenceng dari penghargaan saya. Namun menurut hamba 4 manfaat tersebut yaitu manfaat yang sangat besar dari blog untuk bumi pendidikan.

referensi:
https://tomi.co.id
https://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar