Kamis, 11 Mei 2017

Tingkat & Struktur Tumbuhan Bayam

Bayam (Amaranthus sp. ) merupakantanaman semusim dan termasuk sebagai tumbuhan C4 yang mampu menyusun gas CO2 secara membumi sehingga meraup daya adaptasi yang tinggi pada beragam ekosistem. Bayam memiliki siklus ribut yang nisbi singkat, usia panen tumbuhan ini 3-4 minggu. Orde perakarannya diartikan sebagai akar tunggang secara cabang-cabang kausa yang wujudnya bulatpanjang menabur ke segala arah. Umumnya perbanyakan tumbuhan bayam dijalani secara generatif yaitu melalui biji (Hadisoeganda, 1996).

Bayam (Amaranthus sp) merupakan sayuran yang telah lama Klasifikasi dan Morfologi dikenal serta dibudidayakan mengacu pada luas oleh petani diseluruh wilayah Nusantara. Negara Nusantara, bayam biasa dalam banyak nama lokal, seperti bayam (Aceh), tarnyak, tarnak (Madura), nadu (Bima), bayem (Jawa), senggang bener (Sunda), serta utapaine (Ambon). Dalam madah asing sebagaimana di Inggris, bayam dikenal sebagai african spinach, indian spinach, di Prancis disebut amarante.



Akar

Paham tanaman bayam adalah terma (perdu), semampai tanaman bisa mencapai 1, 5 hingga 2 m, berumur semusim atau kian. Sistem perakaran menyebar kurang pikir pada kedalaman antara 20-40 cm dan berakar tunggang.

Batang

Baur tumbuh seimbang, tebal, berdaging dan tidak sedikit mengandung tirta, tumbuh menjulung diatas segi tanah. Bayam tahunan ada batang yang keras berkayu dan bercabang banyak. Bayam kadang-kadang berkayu dan samar-samar banyak.

Insang

Daun berupa bulat telur beserta ujung perasan meruncing dan urat-urat patera yang sungguh ada. Warna peparu bervariasi, sejak hijau muda, hijau tua renta, hijau keputih-putihan, sampai berwarna merah. Daun bayam liar umumnya kasap (kasar) dan kadang kala berduri.

Sematan

Bunga bayam berukuran kuntet, berjumlah tidak sedikit terdiri mulai daun bunga 4-5 risiko, benang induk 1-5, dan bakal kelanjutan 2-3 impak. Bunga terserondok dari ujung-ujung tanaman alias ketiak daun yang tersusun seperti biasa yang tumbuh tegak. Tumbuhan dapat berbunga sepanjang selagi. Perkawinannya merayu uniseksual, yaitu dapat menyetubuhi sendiri sekalipun menyerbuk palang salib. Penyerbukan berjalan dengan bantuan angin serta serangga.

Kredit



Biji berukuran sangat mungil dan halus, berbentuk pusang, dan berpoleng coklat tua bangka sampai mengkilap sampai warna hitam kelam. Tetapi ada beberapa jenis bayam yang menyimpan warna skor putih datang merah, misalnya bayam maksi yang bijinya merah. Berdasar pada umum bayam dapat tumbuh sepanjang tahun, baik ketika dataran rendah mau pun dataran tinggi (pegunungan). Tanaman bayam tidak menyodorkan persyaratan tumbuh yang rumpil, asalkan kondisi tanah subur, penyiraman sistematis, dan saluran drainase pantas. Bayam pun sangat terbuka terhadap kondisi yang tidak menguntungkan sekalipun bersama tidak mempunyai jenis zona tertentu. Walakin, untuk perurutan yang bagus memerlukan zona yang subur dan bertekstur gembur bersama banyak berisi bahan organik. Derajat keasaman tanah (pH) yang cantik untuk tumbuhnya adalah rumpang 6-7. Apabila tanaman berkecukupan di kaki gunung pH 6, bayam bakal merana. Sedangkan di atas pH 7, tanaman dengan menjadi klorosis (warnanya bersih kekuning-kuningan, bahkan pada daun-daun yang sedang muda).

Tata Tumbuh Tumbuhan Bayam

Tanaman bayam lazimnya tumbuh di daerah katulistiwa dan sebagai tanaman sayur yang berarti bagi masyarakat di dataran rendah. Bayam merupakan tanaman yang berumur tahunan, cepat berkembang serta mudah ditanam saat kebun maupun ladang (Palada dan Chang, 2003). Bayam mempunyai daya adaptasi yang cantik terhadap lingkungan tumbuh, sehingga dapat ditanam di tahang sampai plato. Hasil pengetaman yang sempurna ditentukan per pemilihan lokasi penanaman. Zona penanaman kudu memperhatikan traktat tumbuh bayam, yaitu: stan lahan pantas terbuka & mendapat mendapat sinar matahari serta memiliki tanah yang subur, gembur, banyak mengandung bahan organik, memiliki pH 6-7 dan tidak terhenti air (Rukmana, 1995).

referensi:
http://www.ceritayuk.com/klasifikasi-dan-morfologi-tanaman-bayam/
https://id.wikipedia.org/wiki/Bayam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar