Rabu, 07 September 2016

Trik Mewarnai Tekstil Sendiri Dalam Rumah

Kain adalah salah satu bahan mengelokkan favorit dalam dunia kerajinan, banyak sekali species kerajinan yang menggunakan material baku dr tekstil, walaupun kebanyakan bergelut di daerah aksesoris dan pakaian. Anda mungkin sempat berpikir ketika membuka lemari pakaian dikau dan tersembunyi banyak sekali pakaian lama anda yang tidak pernah terpakai, bagaimana cara menghidupkannya meleset.

Pilah dan pilih material tekstil pra diwarnai

Prosedur paling awal dari tahapan ini diartikan sebagai pemilah preferensi bahan tekstil untuk diwarnai, pemilihan benih kain tekstil. Mayoritas Kain tekstil mampu menerima pengecatan, termasuk kaum jenis tekstil dari benda sintetis. Serta ada juga bahan tekstil yang sama sekali tidak mampu menerima pemotifan, sekeras apapun usaha member dalam mewarnainya. Berikut diartikan sebagai berbagai macam kain tekstil dan beraneka ragam material lainnya tersebut.

Seleksi pewarna yang cocok serta baca aturan pakai

Selain tergantung di merek pewarna, Anda juga harus memilih pewarna berdasar pada kandungan macet tekstil Kamu. Seperti sepertinya, RIT dye akan bekerja pada sendat alami ataupun sintetis, namun demikian iDye mempunyai formula terbelah untuk Kain alami & poli (untuk paduan seret alami serta poli Dikau dapat mempergunakan kedua rumus bersama-sama). iDye juga mempunyai pewarna yang tersedia spesial untuk item yang hendak sering dicuci.

Atur bilik pengerjaan

Persiapkan segala sesuatunya didekat anda, mulai dari sikat, plastik lalu koran wadah di tempat yang mudah di jangkau dari tempat pengerjaan pengecatan agar bisa membersihkan kotoran tumpahan secara segera. Dan bersiaplah dalam mencuci dengn bersih semua yang bakal telewati per larutan pewarna, mulai dari tabung, panci ataupun mesin basuh kecuali anda menginginkan segenap perabotan engkau memiliki sifat yang seperti.

6327161840285180592.jpg

Alternatif unik adalah dengan menggunakan kobokan plastik / pot stainless steel untukmen celup ataupun memanfaatkan wastafel yang dibuat dari stainless steel. Jangan menyepuh atau membilas dalam washtafel danporselen ataupun fiberglass plus mereka condong untuk meniggalkan noda.

Jadilah kreatif

Bahwa anda suka mewarnai tekstil lebih dari satu ragam, biasanya yang terbaik ialah tekstil modern memulai dengan warna amat terang serta pindah ke yang paling gelap, Jangan takut untuk ber eksperimen.

Untuk rona lebih serius ketika pencelupan kain yang mengandung kapas, rayon, untai, dan linen, tambahkan garam 1 gelup untuk pencelupan. Sedangkan bagi pencelupan nilon, sutra serta wol, tambahkan 1 mangkuk cuka warna putih ke reaksi pencelupan. Apabila memungkinkan urung penambahan gusar atau cuka belanda sampai 5 menit setelah kain telah di menenggelamkan. Penundaan dengan membantu utk meningkatkan level warna pencelupan.

6327161842240717772.jpg

Perawatan sehabis pewarnaan

Ialah ide yang baik utk mencuci Kain yang mutakhir anda warnai sendiri hingga dua, 3 cucian. Beserta cara itu, kalau siap pewarna tercecer yang belum terlarut tak akan merusak barang-barang lainnya tatkala dicuci molek (mengakibatkan kelunturan).


referensi:
http://teknologitekstil.com
https://id.wikipedia.org/wiki/Tekstil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar