Kamis, 08 September 2016

Tips Mencuci Baju Batik Agar Tidak Pudar

Siapa yang bukan mengenal membatik? salah satu warisan budaya Indonesia ini kadang merupakan keluhuran tersendiri untuk yang memakainya, selain soalnya kita sebagai bangsa yang menjunjung tinggi budayanya, batik juga memiliki besar kelebihan yang sangat beda. Dari mulai dari keunikan histori, motif, ataupun dari cara pembuatannya. Masalah tersebut merangsang batik meraup tempat yang istimewa.

Baju batik ialah pakaian yang kainnya dibentuk secara manual dengan teknologi yang berusia sangat uzur, oleh karena itu diperlukan perawatan yang benar yang berguna utk menjaga derajat warna menulis agar gak luntur.

Trik mencuci Baju Batik semoga tidak rebak:

Untuk baju batik yang tak terlalu vulgar, maka untuk mencucinya sama sekali dengan direndam menggunakan air hangat. Berbeda dengan untuk batik yang dekil, misalkan bila terkena noda makanan ataupun minyak, dipastikan bisa dihilangkan dengan sabun cukur mandi alias kulit jeruk, Caranya membersihkannya adalah dengan mengusapkan sabun cukur mandi / kulit sitrus pada bagian yang kotor ityu secara lambat-lambat sampai bagian yang kotor hilang. sewajarnya saat membasmi noda ityu hanya dikerjakan pada daerah batik yang kotor pula, setelah hal itu rendam baju batik secara air segan.

Hindari menebas baju menulis dengan memakai sabun deterjen, karena deterjen memiliki watak kimia yang keras sehingga dapat menumpas warna pada kain batik. Anda sanggup menggunakan shampo rambut bagi mencuci baju batik atau bisa juga menggunakan komoditas khusus yang banyak dijual di toko maupun galleri batik, senyampang sabun klerak. Selesai secara proses pencucian hindari mengeringkan kain membatik menggunakan mesin pengering karena dapat menyebabkan serat kain batik menjadi rusak rusak.

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/7/72/Batik_Jawa_Hokokai_Pekalongan_Tulis.jpg

Untuk menjemur, letakkanlah di tempat tenteram, dan abaikan batik anda kering secara sendirinya mengacu pada diangin-anginkan. Menggunakan menjemur batik di teritori yang tidak terkena sinar matahari maka dapat menghindarkan menulis dari pudarnya warna.

Bagi merapikan secara cara menyetrika maka disarankan dengan menegasikan batik yakni bagian untuk berada yang luar, beserta begitu siap mencegah dari memudarnya wwarna batik, alias jika seksi luar segelintir kusut bisa disetrika batik tulis menggunakan sebelumnya menyelenggarakan kain bersih di untuk batik terlebih dahulu. Tatkala menyetrika hindari penggunaan enceran pengharum karena bisa mengoyak warna saat corak kain batik tersebut.

Setelah baju batik teliti simpanlah baju batik yang lemari, dapat digantung menggunakan hanger atau hanya dilipat saja. Akan tetapi banyak orang menganjurkan sebaiknya digantung. Untuk mencagah rayap dalam lemari jadi anda sanggup menggunakan lada atau lada yang dibungkus tissue & diletakkan pada pojok-pojok lemari.


referensi:
http://batikparahita.com/batik-tulis-premium
https://id.wikipedia.org/wiki/Batik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar