Selasa, 13 September 2016

Teknik Memelihara Rantai & Gir Set Sepeda Motor

Salah satu komponen sepeda motor https://m.tokopedia.com/rr-speed-art yang kerap disepelekan pemotor adalah rantai. Padahal rantai motor memiliki tanggungan yang luar biasa penting, maka tidak siap diremehkan rambang. Apalagi dalam musim penghujan seperti masa ini, sering-seringlah kian memperhatikan pertalian dan gir set sepeda motor Anda.

Namun pada dasarnya, pertalian bawaan kilang sudah menggunakan teknologi O-ring yang tidak juga diberi pelumas tambahan. Plus rantai pengambil inisiatif jenis berikut telah memiliki pelumas pribadi di dalamnya. Namun demikian, dalam perjalanannya tetap diperlukan perawatan pada pelumas spesial rantai (chain lube) bagi memperpanjang usia pakainya.



Dalam merawat ikatan, tidak disarankan untuk memakai oli tanda atau bensin untuk melenyapkan, karena tersebut justru sekiranya membuat usia pakai rantai menjadi pendek. Melumasi pertalian dengan oli bekas justru akan mengurung kotoran yang ada diluar.

Sebab dalam umumnya pertalian tidak diberi penutup sehingga langsung setia dengan pendatang, akibatnya kotoran mudah menempel. Terlebih oli bekas yang dipakai mengolesi sudah terkontaminasi kotoran mesin.

Idealnya rantai motor dilumasi cairan chain lube minimal 2 bengawan dalam seminggu dan disarankan mengencangkan kaitan sebulan sekali. Bagi pemakai motor sport, disarankan menggunakan rantai bermutu dengan spesifikasi ringan dan tidak menggunakan perawatan yang ribet.

Kalau motor yang dimodifikasi, perlu penyesuaian renggangan ukuran gir dan rantai. Jangan mencapai berbatas motor transfigurasi dengan babak cepat memakai gir set standar. Tidak lupa liat gir depan. Kebanyakan pemotor hanya mengindahkan gir tamat. Bukalah tutup gir depan, sering-seringlah dilihat dan dibersihkan.

Idealnya pergantian gir set dilakukan bila pemakaian sungguh mencapai 40. 000 km. Tidak peri mengikuti trend menggunakan gir set cerita, karena tersebut hanya masalah selera tdk mempengaruhi cara perawatan & performa.



Kalau terpaksa meninggalkan pemotongan pacar rantai, pandang juga umur pakainya. Pada waktu masa memakai masih 3 bulan, tidak masalah pertalian dipotong. Umumnya mekanik berpengetahuan tahu meski lama usia pakai rantai. Namun bahwa ragu serta lebih safety, ada baiknya mengganti dengan yang baru. Tetapi untuk pertalian motor Kawasaki Ninja, tidak direkomendasikan ikatan dipotong kalau sudah kendor.

Terakhir, amat dianjurkan untuk membeli gir set yang berkualitas demi kenyamanan & keamanan Anda ketika berkendara
referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar