Minggu, 10 Juli 2016

Resep Tips Buat Sego Gono Khas Temanggung

Apakah dikau pernah dengar atau terutama pernah mencoba makanan spesifik Temanggung tersebut? Yang butuh anda tahu Sego Gono tidak kolektif dengan Nasi Megono spesifik Pekalongan. Betul2 aneh namanya, begitu juga beserta tampilanya. Sego Gono merupakan kuliner legendaris yang sungguh ada sejak zaman lalu. Sego dalam bahasa jawa memiliki arti nasi, namun Gono gak diketahui dengan pasti pusat usulnya. Tapi banyak yang mengartikan Gono adalah merGo oNone / karena adanya/ala kadarnya. Kuliner ini benar2 sangat bersahaja, namun kehendak yang dimiliki ternyata menghasilkan banyak orang keranjingan.

Cara menghasilkan Sego Gono terbilang mudah dengan materi-materi yang mudah didapatkan. Benih utamanya selain nasi didefinisikan sebagai menggunakan sayur-sayuran seperti mbayung, kobis, kedelai panjang (sesuai selera) & dicampur beserta etmpe, parutan kelapa serta bumbu luar biasa. Di temanggung sendiri, Sego Gono tidaklah dikonsumsi sehari-hari melainkan ketika acara-acara unik seperti wiwit (sukuran saat panen), kembali tahun serta lain sebagainya. Biasanya sego gono itu bisa tampak di pasar tradisional dengan mutu Rp 2 ribu hingga Rp 5 ribu. Tetapi kini bertambah jarang didapatkan penjual sego gono. Hisab anda yang penasaran menggunakan kuliner khas temanggung ini baca rumus selengkapnya dibawah ini:

Cara Menciptakan Sego Gono

Masaklah beras dengan uap hingga separuh matang

Haluskan semua suplemen yang dipakai kecuali serai, lengkuas serta daun salam

campurlah bumbu halus pada parutan nyiur, tempe, teri dan sayuran. tambahkan paru-paru salam, lengkuas dan serai

Setelah nasi sudah sebelah matang, kukuslah bersama suplemen dan sayuran tersebut. Mongsang nasi menggnakan dandang pada susunan nasi-sayuran-nasi-sayuran begitu seterusnya.



Kukuslah sampai nasi benar2lesehan sego wiwit prambananmatang.

Aduk-aduklah agar nasi, sayuran & semua gandaan tercampur papar



Sajikan nasi gono ini dengan ikan asin goreng atau rempeyek

Itulah tadi Resep Cara Membuat Sego Gono Khas Temanggung. Anda dapat melakukan variasi dengan menambahkana sayuran sebagaimana kacang lama, buncis serta lain sebagainya. gimana terpesona untuk mencobanya?
referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar