Kamis, 15 Oktober 2015

Resep dan Tips Membuat Takoyaki

Takoyaki yaitu jajanan pinggir pikiran yang berasal dibanding daerah Kansai, Jepang. Jajanan lezat ini terbuat dari bahan kecil tepung terigu nyata bulat seperti sepak bola pingpong yang diisi dengan potongan gurita. Terkadang, jajanan terkait juga populer dengan sebutan 'bola gurita'. Penasaran dengan rasaya? Yuk kita berkreasi membuatnya.

Takoyaki terbuat dengan menggunakan keluaran khusus yang berupa bentuk cekungan setengah bola. Satu loyang umumnya terdiri dari lapisan 16 lubang, serta terkadang juga cenderung tergantung tipe cetakan / loyang secara digunakan.



Resep mau pun cara membuat takoyaki sebenarnya cukup mudah. Adonan dimasak menggunakan cetakan, ketika telah setengah matang adukan harus dibalik mempergunakan lidi atau sumpit agar takoyaki membangun bulatan seperti sepak bola.

Di Indonesia sendiri cara membuat takoyaki sederhana belum amat populer, biasanya takoyaki banyak dijumpai pada tempat-tempat wisata kuliner seperti di pameran, food court serta beberapa tempat secara menawarkan menu target Jepang.

Saat ini takoyaki mulai menyebar di pelosok-pelosok semenjak dagang waralaba takoyaki diperkenalkan. Saya sendiri tutup menjumpai beberapa penjual takoyaki yang berjualan di pinggir pikiran di beberapa daerah di Jakarta.

Bila di Jepang aslinya isian takoyaki memakai potongan gurita, lain lagi di Nusantara yang penuh dengan kreasi. Takoyaki ala Indonesia biasanya bertambah bervariasi, isian yang digunakan bisa mempergunakan cumi, udang, uci-uci ayam, bakso, sosis, sayuran hingga tumisan oncom.

Disini member akan menggunakan cumi seabagai isian. Agar lebih berasa, member akan menambahkan kol dan daun umbi lapis sehingga rasanya bertambah mantap. Jika gak suka cumi, kalian bisa menggantinya secara daging ayam. Serta berikut ini adalah bahan-bahan untuk membuat takoyaki beserta dengan resep dan cara membuatnya. Hal lain yang kita perlukan ialah cetakan takoyaki, apabila tidak ada kita bisa menggunakan loyang alias cetakan untuk menggoreng telur.

Cara Menghasilkan Takoyaki Spesial Akan Jepang

Kocok telur, tuangkan kaldu ayam sedikit demi sedikit dan kocok tengah hingga menyatu.

Campurkan terigu, baking powder dan garam, campur biar tercampur semerbak. Tuangkan campuran telur dan kaldu mandung, aduk rata. Ukur kekentalan adonan, kalau kurang encer tambahkan lagi air susut secukupnya.

Siapkan isian, campur semua benda isian dan campur hingga merata.

Panaskan cetakan, beri minyak hingga kira-kira sepertiga dari kedalaman setiap lubang cetakan.

Tuang adonan hingga sebelah dari ketinggian tempat cetakan, masukkan isian dan tuang lalu adonan hingga padat.

Masak takoyaki hingga bagian bawah mendetail dan atasnya tumpah ruah, setelah itu balikan untuk mematangkan sesi atasnya.

Setelah remaja, angkat dan sajikan bersama dengan bakal pelengkap.

Takoyaki tenteram disantap dalam kedaan hangat, bersama secara bahan pelangkap yang bisa disesuaikan beserta selera. Jika member membuatnya sendiri, aku bisa menambahkan bervariasi bahan tambahan yang bukan disebutkan didalam resep seperti keju garis dan berbagai siasat saus jika tenteram. Dijamin, rasanya makin top dan menggugah selera.

Mudah meski? Tidak perlu kepandaian khusus dan skill memasak yang krusial punya kreatifitas. Resep dan cara memproduksi takoyaki diatas yakni adaptasi dari resep aslinya, karena biasanya gurita agak susah didapatkan di pasar konvensional. Semoga bermanfaat sungguh!
referensi :
caramembuattakoyaki.com/cara-membuat-takoyaki-sederhana-enak.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Takoyaki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar