Sabtu, 10 Oktober 2015

Manfaat Musik Klasik Guna Ibu Hamil

Mendengarkan musik klasik saat menjalani masa kehamilan seorang ibu sarat sering direkomendasikan oleh dokter spesialis kandung karena selain substansi hiburan, mendengarkan musik klasik saat mereguk masa kehamilan juga dapat memanjakan telinga sang ibu. Nyanyian nada yang ritmis ini bermanfaat buat merangsang janin agar kelak menjadi anak cerdas, jenius, & kreatif.

Selain tersebut, ternyata musik klasik juga bisa dipakai sebagai alternatif untuk memutar posisi mudigah sungsang kembali di posisi normal. Pendapat beberapa dokter tangkas kandungan menjelaskan kalau jika ibu yang hamil di usia 30 tahun terangkat cenderung memiliki tingkat resiko kesehatan lembaga manusia lebih tinggi serta tingkat kecerdasan lembaga manusia lebih rendah dibanding dengan ibu secara mengadung diusia tenang dari 30 tahun.

Mendengarkan musik klasik sebenarnya hanya sekitar dari beberapa stimulasi yang sering dikasih kepada ibu duduk perut untuk janin dengan sedang dikandungnya, begitulah menurut Prof. Dr. Utami Munandar yang menjelaskan dalam satu seminar bahwa konsekuensi mendengarkan musik klasik terhadap janin dalam masa kehamilan.

Manfaat mendengarkan musik klasik saat menjalani sekiranya kehamilan sebenarnya sangatlah banyak termasuk sebagaimana yang tadi sangka dijelaskan. Hal itu terjadi karena tatkala musik menyalah, dipastikan akan memberikan stimulan terhadap perkembangan sel-sel otak si bayi, perangasangan ini super penting karena sekiranya tumbuh kembang perintis yang paling laju terjadi sejak prolog kehamilan hingga si bayi telah berusia tiga tahun.

Bertambah sering perangsangan dikasih, maka makin sehat juga pengaruhnya tentang si bayi dengan sedang dikandung. Namun, menurut dr. Jimmy Passat seorang ahli saraf dari FKUI-RSCM, dan Isye Widodo, S. Psi, sep Parent Education Cadangan RSAB Harapan Kita, Jakarta, tindakan ini haruslah seimban. Sepatutnya

6203928857439844876.jpg

orang tua tidak fokus untuk menstimulasi kesangkilan otak kiri si janin, tetapi juga pikirkan tentang perkembangan otak kanannya olehkarena itu keduanya memiliki manfaat yang dapat menjajal pikiran, ucapan, dan juga emosi.

Agaknya semua aliran musik, baik yang tradisional sampai musik segar, dapat dimanfaatkan buat hal yang sama. Akan tetapi, sampai sekarang yang telah diletiti dan menunjukkan dampak positif barulah musik klasik, terutama musik klasik karya Mozart. Jenis musik klasik ini terbukti akurat untuk menstimulasi kemajuan otak kanan lembaga manusia.

Menurut Suzuki (1987), seperti dikutip Utami, jika anak dibesarkan dengan suasana musik klasik karya Mozart sejak dini, arwah yang dimiliki Mozart yang penuh nafsu akan muncul / tertanam juga di dalam dirinya. Karena bila si janin sungguh dibiasakan mendengar musik yang tenang, oleh karena itu hati dan rintisan pun akan jadi tenang. Bahkan, sehabis lahir musik klasik tetap berpengaruh di dalam pertumbuhan si bayi.

Lakukan terapi berikut sekitar 30 menit, untuk relaksasi kira-kira 10-15 menit, serta stimulasi sekitar 15-20 menit. Cobalah dirumah setiap hari dgn jadwal rutin. Serta sebaiknya saat mendengarkan musik klasik jauhkan loudspeakser sekitar 50 cm dari perut agar si ibu juga bisa melakukannya dalam keadaan selang. Agar mendapatkan impak maksimal, cobalah untuk mendengarkannya juga beserta penuh perhatian serta kesadaran.

Perlu diingat bahwa musik dgn aliran rock mampu mengganggu janin, jadi akan membawa efek dan kebiasaan leta pada si bayi saat sudah besar nanti. Jadi fikirkanlah dengan matang-matang apa pun yang seharusnya Dikau lakukan agar urusan yang dicapai mampu berjalan dengan lancar dan otak si bayi pun mau cerdas.


referensi:
http://lagumusikklasik.blogspot.com
https://id.wikipedia.org/wiki/Musik_klasik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar