Kamis, 18 Juni 2015

Gimana Bisnis Toko Bunga On line

Usaha toko bunga yang dijalankan saat ini merupakan jual beli keluarga yang bermula dari usaha persawahan bunga di Ambarawa dan dikelola secara turun temurun semenjak dari nenek serta orangtuanya. Saat ini pertanian sayur belum begitu bagus prospeknya sehingga neneknya menuruti untuk mengembangkan bisnis tanaman bunga. Bunga hasil dari penanaman tersebut ditawarkan kepada familinya di Jakarta untuk dijual di dalam bentuk bunga penggal dan bunga berkas.

Konsumen

Untuk kegiatan - acara khusus bunga selalu dijadikan sebagai hiasan buat mempermanis rungan yang digunakan, atau acap juga digunakan sebagai media untuk memberikan rasa simpatik terhadap rekan maupun suku yang sedang bersuka maupun berduka. Wujud pasar usaha bungan yaitu semua masyarakat yang sedang memiliki event tertentu diantaranya pernikahan, serta kira-kira acara resmi diantaranya seminar, pernikahan, terlintas acara wisuda yang biasanya menggunakan sekar sebagai penghias.

Kabar Produk

Pada dasarnya, produk yang ditawarkan bunga papan yang beruang di wilayah Metropolitan Baru Jakarta ialah berbagai macam jenis bunga dan ditawarakan untuk berbagai tingkah jenis kebutuhan dari konsumen. Tetapi produksi utamanya terdiri atas 2 jenis, sematan potong dan bunga rangkaian.

Bunga pemenggalan merupakan setangkai atau lebih bunga, baik yang dikemas ataupun tidak. Pengemasan serasi dengan permintaan dari konsumen. Apabila berisi dari kombinasi sejumlah jenis bunga, taktik itu tergantung restu konsumen pula. Demikian pula jenis bunga rangkaian, baik hand bouqet, krans, vas meja ataupun bouqet. Model rangkaian, banyak dan jenis kembang yang dirangkai juga penggunaan jenis aksesoris sesuai dengan permintaan konsumen. Meskipun bukan menutup kemungkinan mulai pihak toko sungguh menyiapkan model-model sambungan hasil kreasi mulai perajinnya.

Bahan baku utama adalah sekar dengan berbagai orang jenisnya serta aksesoris dan medianya. Guna aksesoris menggunakan daun-daunan dengan bermacam-macam spesies sebagai dekorasi dan plastik sebagai pembungkus (terutama bunga potong). Pemakaian jenis serta jumlah daun-daunan serta plastik pembungkus terhenti dengan permintaan pemakai. Sedangkan untuk medianya menggunakan oasis (sejenis busa, biasanya dimanfaatkan untuk rangkaian vas meja), bambu & stereofoam.

Media buluh dan stereofoam biasanya digunakan pada pertalian bunga untuk ucapan selamat, duka pikiran dan sejenisnya. Standar media dan macam yang digunakan pula menyesuaikan dengan piutang dari konsumen. Bakal baku, terutama sematan dan daun-daunan tersua dari petani-petani pada Ambarawa. Jumlah pemesanan tergantung jumlah persediaan terakhir dan tren permintaan dari pemakai. Sistem pembelian sekar dan daun-daunan dgn cara borongan beserta satuan ikat serta bokok.

Pada keadaan sepi hanya 2x pemesanan (terdiri dari beberapa ikat & bokok bunga beserta daun-daunan) dalam 1 minggu. Bila di saat ramai ragam bisa mencapai 5-6 kali pesanan.



Metode Produksi

Sedangkan untuk media, oasis mempergunakan produk impor dari malaysia yang kedapatan dari agen-agen pada Jogja. Kebutuhannya 4 - 10 dus per bulan, dimana 1 dus terdiri 20 buah dgn harga Rp100rb-125rb.

Niat bambu rangkai sempang 2-10 buah dari minggu yang dipasok oleh perajin buluh. Media stereofoam tersua dari agen Jogja dan jumlah kebutuhan stereofoam tidak tercatat dengan baik karena jumlah permintaan secara sangat fluktuatif.

Pada proses perangkaian komplemen, peralatan yang dipakai yaitu alat tulis laksana pensil, penggaris dan cat yang digunakan untuk mendesain kembang rankai terutama di media stereofoam. Berbeda dengan pada bunga potong, peralatan yang dibutuhkan sebatas pisau serta gunting tanaman. Saat proses perangkaian ityu, hal terpenting adalah seni dan ketrampilan merangkai bunga. Kira-kira konsumen meminta bentuk dan desain unik sehingga perlu ketrampilan dan seni pada menterjemahkan keinginan pemakai. Selain itu pula untuk pengembangan kerangka dan model runtunan bunga.

referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar