COD atau yang yakni singkatan dari cash-on-delivery merupakan salah satu
ragam pembayaran barang dengan dilakukan dalam sebuah transaksi jual
beli online. Sejak mulai tumbuh di Indonesia kurang lebih tahun yang
dulu, penggunaan metode COD dalam transaksi komersial online nyatanya
kini semakin banyak diminati karena selain lebih sejahtera, namun juga
menghapuskan beragam keuntungan kira para konsumen.
COD Sebagai Alteratif Yang Menguntungkan
Utama untuk pihak konsumen / pembeli, COD memberikan lebih
banyak keuntungan tatkala seseorang hendak berbuat pembelian di suatu
penyedia layanan eCommerce. Semuanya cukup dikerjakan secara online,
menabalkan barang yang diminati, memasukkan data pribadi dan alamat
secara diperlukan, lalu aku tinggal menunggu kurang lebih sampai di
tempat tinggal kita dan membayarnya.
Hal menarik lain yang membuat karet pembeli online makin gemar jasa cod jakarta
riuh adalah layanan yang disedikan oleh kira-kira ecommerce besar
dimana seorang pembeli diperbolehkannya untuk tidak mengulak barang jika
kurang lebih yang diantar ityu tidak sesuai dgn harapan atau
berlangsung kerusakan.
Namun disisi lain, COD sebagai tantangan tersendiri untuk
perusahaan ecommerce. Untuk memajukan usahanya, tepat tiap perusahaan
ecommerce harus mampu berpasangan dalam meningkatkan layanannya, dalam
hal ini layanan metode pembayaran COD. Namun metode tersebut juga
mengundang perusahaan mengeluarkan upah tambahan. Belum sedang adanya
resiko hukuman pengembalian barang.
Saat ini memang belum terlalu banyak perusahaan ecommerce di
Indonesia secara memasukkan layanan COD sebagai metode pembayarannya.
Diantaranya ada dua perusahaan ecommerce luas yaitu Lazada serta Zalora.
Dalam penerapan layanan COD-nya meski, kedua perusahaan ityu belum
sepenuhnya dapat mencover mayoritas wilayah di seluruh indonesia.
Konsumen yang bisa menikmati layanan tersebut masih terbatas yang ada di
daerah metropolis dan sekitarnya.
Keterbatasan jaringan dari kantor perwakilan yang terselip di
daerah-daerah menjadi alasan mengapa perusahaan ecommerce belum mampu
menjamah ke seantero daerah yang siap di Indonesia. Namun, dengan jumlah
jaringan yang ada sekarang saja, penggunaan prosedur COD dinilai sudah
cukup tinggi terlebih menyampai sistem pembayan via bank dengan sudah
akrab sebelumnya. Kedepan bukan bukan mungkin perkembangannya siap
semakin besar serta luas.
Karakter Klien Online Dalam Berbuat COD
Dapat dilihat dalam beberap tahun terakhir, terdapat
persengketaan pola konsumen online yang ada pada Indonesia. Metode
pembayaran melalui pembayaran bank memang masih jadi pilihan utama getah
perca konsumen ketika berbelanja online. Namun begitu metode pembayaran
COD mulai berkembang serta ditawarkan oleh beberapa perusahaan
ecommerce dalam Indonesia, para pemesan mulai tertarik terutama mulai
beralih dari metode bank menuju metode COD.
referensi :
fjb.kaskus.co.id/product/55669ab4d675d4a9738b456c/jasa-cod-jakarta-terpercaya--keep-calm-and-trust-transporter
http://id.wikipedia.org/wiki/Dalam_jaringan_dan_luar_jaringan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar