Rabu, 01 Juli 2015

Cara Instal Custom Rom dalam Handphone Android

Di postingan sebelumnya sudah dijelaskan menyenggol Pengertian Rom, Custom rom, kernel serta flashing. Bagi pembimbing yang tertarik untuk mencoba menginstall Custom rom (Rom yang sudah dimodifikasi oleh developer pihak ketiga) berikut akan aku jelaskan cara yang umum dipakai dalam menginstall Custom Rom.

Tapi ada kurang lebih hal juga secara harus diperhatikan pra anda memulai menginstall custom rom:

Custom Rom adalah buatan developers pihak ketiga (bukan pengembang resmi), jadi kita harus benar2 memperhatikan poin custom rom itu. Perhatikan komentar2 rekan-rekan yang pernah mengira Custom rom itu, perhatikan kelebihan dan kekurangannya. Karena sesempurna apapun Rom, pasti ada bugs (kekurangannya). Bahkan Stock rom sekalipun.

Tidak segenap Custom rom jalan menginstallnya sama, disini saya hanya memakai cara yang biasa dipakai saja walau kebanyakan caranya memakai seperti cara dibawah.

Pastikan Custom rom yang anda siapkan luar biasa untuk perangkat dengan akan anda install.

BACKUP!!! BACKUP!!! BACKUP!!! ini point dengan sangat harus diperhatikan... karena jika siap kegagalan dalam menginstal rom, bisa direstore (dikembalikan) ke keadaan terakhir saat dibackup.

Cara menginstall ROM Android biasanya memakai CWM (Clock Work Mod) recovery alias TWRP (Team Win Recovery Project), keduanya sama-sama recovery ciptaan yang biasa diterapkan untuk modifikasi alat android. Untuk tips menginstall Recovery CWM dan TWRP luar biasa tiap tipe perangkat Android, silahkan mencekau sesuai tipe handphone yang anda miliki.

Bersama-sama cara menginstal Custom Rom dengan menggunakan CWM:

Ketika Handheld dalam kondisi mati, masuk ke Recovery mode (tentunya yang sudah dipasang CWM, jangan Recovery bawaan) Cara masuk menu CWM pun berbeda-beda tiap tipe Handphone, tergantung developer yang membuat CWM ini. Ada yang secara menekan tombol back terus menerus, ada dengan dengan menekan tombol power atas alias bawah sambil menekan power dan terdapat juga yang semua dengan cara sampai ke layar.

TWRP

Setelah masuk ke recovery mode, pilih wipe data / factory reset.

Pilih wipe cache partition

Pilih advance kemudian wipe dalvik cache

Lalu kembali ke menu sebelumnya dengan menjepit tombol back, kemudian pilih install zip from sd card

Cari file Custom rom yang sungguh disiapkan di SD card



pilih yes, kemudian tunggu progress penginstallan sampai statusnya complete.

Reboot Radas Android anda, Jadi Android anda pun sudah berganti Operasi system menjadi yang sudah dimodifikasi oleh developer pihak ketiga.
referensi :
www.updaterom.com
https://id.wikipedia.org/wiki/Telepon_genggam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar